Bola Internasional

Piala AFF U-15 2019: Lawan Timnas Indonesia, Singapura Diperkuat Pemain Inter

Jumat, 26 Juli 2019 18:03 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© TNP PHOTO: DESMOND WEE
Xavier Wong, pemain Timnas Singapura U-15 yang membela Inter Turku. Copyright: © TNP PHOTO: DESMOND WEE
Xavier Wong, pemain Timnas Singapura U-15 yang membela Inter Turku.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia rupanya bakal menemui batu sandungan berat di ajang Piala AFF U-15 2019 Thailand yang mulai bergulir pada Sabtu (27/7/19) esok. Pada babak grup, Garuda Muda akan menghadapi Singapura yang diperkuat seorang pemain akademi klub Eropa.

Dilansir dari situs ASEAN Football, pemain tersebut bernama Xavier Wong. Ia saat ini tercatat sebagai anggota tim muda Inter Turku (Finlandia). Pemain bertahan serba bisa berusia 15 tahun itu diikutsertakan dalam 22 nama yang dipilih oleh pelatih Singapura U-16, Philippe Aw.

Xavier sendiri telah bermukim di Finlandia sejak masih berumur enam tahun. Ia bergabung dengan tim lokal di daerah Lauste, Turku beberapa waktu setelahnya. Pada tiga tahun lalu, ia menarik hati tim pencari bakat Inter Turku dan langsung mendapatkan kontrak.

Menurut sang pelatih, Xavier menunjukkan sikap yang profesional meski masih sangat belia. Ia selalu memberikan 100 persen kemampuannya di sesi latihan. Sang pelatih berharap bahwa sang pemain bisa mencadi contoh yang baik bagi rekan senegaranya.

“Saya rasa, dia lebih seperti orang Finlandia ketimbang Singapura dalam hal pola pikir. Saya rasa, dengan perilaku dan cara berpikirnya, ia membawa sesuatu yang baik bagi pemain lokal lainnya,” ujar Philippe Aw dilansir dari situs The New Paper Singapore.

Selain Xavier, skuat Singapura sendiri dihuni oleh pemain klub lokal. Bahkan, banyak di antara mereka yang berstatus sebagai pemain sekolah. Meski begitu, Xavier sendiri tetap optimis dan menargetkan Singapura untuk melaju hingga babak semifinal.

Indonesia sendiri akan menghadapi Singapura di laga kedua grup A pada Senin (29/7/19). Bima Sakti selaku pelatih Timnas Indonesia U-16 sendiri tengah mempersiapkan kondisi anak asuhnya agar berada di kondisi kebugaran terbaik.