Liga Indonesia

3 Pemain ‘Blasteran’ Liga 1 2019 yang Langganan Masuk Timnas Indonesia

Sabtu, 27 Juli 2019 16:12 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Febri Hariyadi dan Gavin Kwan Adsit saat memperkuat Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Febri Hariyadi dan Gavin Kwan Adsit saat memperkuat Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Kompetisi Shopee Liga 1 2019 telah bergulir dan masing-masing klub sepak bola terus menunjukkan keseriusannya dalam upaya meraih posisi aman di klasemen. Salah satunya adalah dengan mengontrak sejumlah pemain berkualitas, termasuk pemain asing.

Regulasi yang ditawarkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator pertandingan memang mengatur adanya tiga pemain asing dan tambahan satu pemain asing Asia. Namun ada pula beberapa wajah 'bule' yang justru berstatus sebagai pemain Indonesia.

Adapun pemain tersebut memang memiliki garis keturunan asing dari orang tuanya, namun memilih untuk berkewarganegaraan Indonesia, guna membuka peluang untuk dapat bermain di Timnas Indonesia.

Setidaknya saat ini ada tiga pemain berdarah campuran Indonesia dana sing alias ‘blasteran’ yang merumput di Liga 1, dan juga kerap kali mendapat panggilan untuk membela skuat Garuda. Siapa saja mereka?

1. Gavin Kwan Adsit

Gavin Kwan Adsit adalah pemain berdarah Bali-Amerika yang saat ini memperkuat klub Barito Putera di Liga 1 2019. Kepiawaiannya bermain di setiap lini, baik sebagai bek sayap, gelandang maupun striker membuatnya menjadi langganan pelatih untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Pesepakbola kelahiran 1996 itu memang sudah memutuskan untuk mengikuti ibunya sebagai WNI, sehingga ia sudah dipercaya untuk membela Timnas U-17 pada tahun 2011/12, dan karirnya terus menanjak saat memperkuat Timnas U-23 bersama pelatih Luis Milla.

2. Ryuji Utomo

Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa Ryuji Utomo Prabowo merupakan seorang pesepakbola yang memiliki darah Indonesia-Jepang. Bek Persija Jakarta itu memiliki darah campuran dari sang ibu, Yukiko Hayano.

Masih satu angkatan dengan Gavin Kwan, Ryuji mengawali karirnya di Timnas U-19 pada tahun 2013-2014. Ia juga termasuk dalam pemain andalan Timnas U-23 di bawah arahan pelatih asal Spanyol, Luis Milla sejak 2017-2018.

3. Kevin Gomes

Satu pemain blasteran pendatang baru di Liga 1 2019 adalah Kevin Gomes de Oliviera. Nama ini mengingatkan kita pada salah satu pelatih sepak bola berpengalaman, Mario Gomes de Oliviera. Ya, Kevin tak lain adalah anak dari sang pelatih asal Brasil itu, dari pernikahannya dengan seorang wanita Indonesia, Verena Gomes.

Pemain sepak bola kelahiran tahun 1996 itu saat ini mengikuti sang ayah yang mengadu nasib di Kalteng Putra. Kevin merupakan pemain serba bisa, sehingga pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri turut memanggilnya untuk turut serta dalam rangkaian uji coba internasional pada 2019.