Liga Inggris

Inilah Statistik Harry Maguire yang Bisa Bikin Manchester United Tangguh

Senin, 5 Agustus 2019 10:44 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Daily Star
Harry Maguire punya statistik yang bisa melengkapi kekurangan Victor Lindelöf di Manchester United. Copyright: © Daily Star
Harry Maguire punya statistik yang bisa melengkapi kekurangan Victor Lindelöf di Manchester United.

INDOSPORT.COM – Harry Maguire sudah hampir pasti merapat ke Manchester United. Bek Timnas Inggris ini memiliki catatan pertahanan yang cukup impresif dan bisa melengkapi kekurangan Victor Lindelof sebagai bek utama The Red Devils.

Dilansir dari statistik yang dihimpun oleh @UtdArena, Maguire menorehkan empat catatan penting pada ajang Liga Primer Inggris 2018/19 lalu. Ia lebih baik dari Lindelof dalam hal aksi defensif, presentase kesuksesan duel udara, interception, dan jumlah umpan ke depan.

Jebolan akademi Sheffield United itu membuat 7,86 aksi defensif per 90 menit. Sementara itu, Lindelof tercatat hanya membuat 6,57 aksi defensif per 90 menit. Ini menunjukkan bahwa Maguire lebih aktif daripada bek asal Swedia tersebut.

Selanjutnya, Maguire mencatatkan 67,79 persen kesuksesan duel udara. Presentase itu membuatnya jadi pemain dengan duel udara sukses terbaik Liga Primer Inggris 2018/19, ini tentu akan membantu United yang musim lalu sering kebobolan akibat set-piece.

Ketiga, Maguire membuat 7,94 interception ketimbang Lindelof yang hanya 6,74. Hal ini menunjukkan keinginan Maguire untuk memotong garis umpan lawan. Ini juga memperlihatkan kemampuan mengambil posisinya yang di atas rata-rata.

Terakhir, pemain berusia 26 tahun itu mencatatkan 52,91 umpan per laga. Dengan jumlah umpan tersebut, ia sering membuat risiko dengan melancarkan umpan jauh ke depan. Meski berisiko, ini bisa membantu serangan balik dan memecah kebuntuan serangan.

Meski begitu, Maguire masih perlu memperbaiki catatan lain seperti kurangnya recovery. Ia cenderung lamban jika harus melakukan track back. Terlebih, banyak striker dan pemain sayap Liga Primer Inggris yang memiliki kecepatan tinggi.

Pembelian Harry Maguire dari Leicester City yang mencapai 80 juta poundsterling (Rp1,38 triliun) ini memang mendatangkan bek terbaik bagi Manchester United.

Namun, harga yang menjadikannya bek termahal dunia ini tidak serta merta melabelinya sebagai bek terbaik di Liga Primer Inggris. Ia perlu membuktikan dirinya terlebih dahulu bersama The Red Devils.