Bola Internasional

Apa Kabar Doni? Legenda Roma yang Buka Taman Dinosaurus di Brasil

Kamis, 8 Agustus 2019 17:36 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© alexanderdoni32
Doni Marangon, AS Roma dan poster T-Rex Park salah satu wisata di Brasil. Copyright: © alexanderdoni32
Doni Marangon, AS Roma dan poster T-Rex Park salah satu wisata di Brasil.

INDOSPORT.COM - Bagi sebagian penggemar sepak bola, mungkin cukup asing dengan nama mantan kiper AS Roma, Doni. Sekilas, namanya memang seperti nama yang umum di Indonesia, namun sosok ini merupakan kelahiran Jundiai, Sao Paulo, Brasil.

Nama aslinya adalah Donieber Alexander Marangon, namun bagi penggemar sepak bola sejati atau tepatnya yang mengikuti sepak bola era awal 2000an, tentu sangat mengenal pria yang satu ini dengan nama Doni.

Pria yang saat ini berusia 39 tahun merupakan salah satu bagian dari Fantastic Four Goalkeeper Serie A di awal tahun 2000an. Ya, kala itu Serie A Italia mempunyai banyak kiper piawai, selain Doni ada juga nama Gianluigi Buffon di Juventus, Francesco Toldo andalan Inter Milan, dan juga Nelson Dida jagoan AC Milan.

Saat masih aktif sebagai pemain, Doni menghabiskan banyak kariernya bersama AS Roma, di mana ia bermain sebanyak 199 pertandingan di seluruh kompetisi dan berhasil melakukan penyelamatan sebanyak 74 kali.

Meski Doni harus memungut bola dari dalam gawangnya sebanyak 217 kali, namun tak dapat dipungkiri jika dirinya merupakan salah satu kiper yang cukup disegani kala itu.

Buktinya, Doni mampu memberikan 3 gelar untuk Gialorossi, yakni 2 Coppa Italia secara beruntun, yakni 2007 dan 2008, serta Piala Super Italia di tahun 2007.

© Sky Sports
Alexander Doni, mantan kiper AS Roma Copyright: Sky SportsAlexander Doni, mantan kiper AS Roma

Tak hanya itu, saat pindah ke Liverpool di tahun 2011, Doni juga turut berperan memberikan gelar untuk The Reds Piala Liga Inggris di musim 2011/12.

Sebuah gelar terakhir yang diraih oleh Liverpool dari kiper asal Brasil, sebelum akhirnya mereka mampu merengkuh gelar Liga Champions di musim 2018/19 kemarin yang diberikan oleh junior Doni yang juga berasal dari Brasil dan didatangkan dari AS Roma juga, Alisson Becker.

Awal karier di Brasil

Donieber mengawali kariernya sebagai pesepak bola di tim junior Botafogo-SP selama dua tahun, yaitu di tahun 1999 hingga 2001. Ia pun langsung dipromosikan namun hanya bermain selama setahun.

Setelah itu, ia pindah ke Corinthians dari tahun 2001 hingga 2003, kemudian dilepas ke Santos dan Cruzeiro pada tahun yang di tahun 2004, barulah di tahun 2005 Doni mulai banyak tampil bersama Juventude.

Melejit Bersama AS Roma

© Vg.no
Doni, mantan kiper AS Roma.jpg Copyright: Vg.noDoni, mantan kiper AS Roma.jpg

Setelah bermain tak sampai setahun bersama Juventude, Doni pun pindah ke AS Roma pada tahun 2005, di mana bersama klub Ibu Kota Italia ini ia bermain selama enam tahun.

Bersama AS Roma juga Doni mampu melambungkan namanya. Seperti yang telah disebutkan di atas, di mana ia dapat memberikan tiga gelar untuk Serigala Italia yang hingga saat ini masih belum bisa diraih oleh para penggawa Roma lainnya.

Setelah itu, masa-masa produktif Doni pun berakhir di Liverpool, di mana kala itu ia hanya bermain semusim sebagai pelapis kiper utama The Reds, Pepe Reina namun dirinya turut berperan dalam memberikan gelar Piala Liga Inggris di musim 2011/12.

Tak hanya bersama Roma, Doni juga turut berperan bagi negaranya Timnas Brasil saat Tim Samba sukses meraih gelar juara Copa America di tahun 2007. Padahal, kala itu ia harus bersaing juga dengan kiper andal Brasil lainnya, Nelson Dida.