Liga Indonesia

Cari Duet Sepadan Ezechiel, Ini 3 Bomber Naturalisasi yang Bisa Diboyong Persib

Kamis, 8 Agustus 2019 19:24 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Starting eleven Persib Bandung menghadapi Kalteng Putra dilaga kandang Shopee Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16/07/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Starting eleven Persib Bandung menghadapi Kalteng Putra dilaga kandang Shopee Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16/07/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT. COM - Persib Bandung sepertinya bisa melirik sejumlah nama pemain naturalisasi untuk memenuhi keinginannya dalam mendatangkan penyerang baru.

Perhelatan Liga 1 2019 baru memasuki pekan ke-13, Persib Bandung sudah mengambil ancang-ancang di pasar bursa transfer. Manajemen Maung Bandung ingin mendatangkan seorang penyerang baru ketika jendela bursa transfer telah dibuka lagi.

Keinginan Persib Bandung memboyong penyerang baru juga diamini pelatihnya, Robert Rene Alberts. Juru taktik asal Belanda itu menginginkan sosok rekrutan anyar yang bisa menggantikan peran Ezechiel N'Douassel di lini serang.

“Kami belum memiliki kualitas memadai untuk menggantikan (Ezechiel) dan itu akan menjadi prioritas. Tiga minggu mendatang, ketika bursa transfer dibuka, kami akan bekerja meminimalisir kelemahan ini,” ucap Robert seperti dikutip dari Viking Persib.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, turut memberikan konfirmasi yang sama. Menurut Umuh, keinginan untuk merekrut penyerang baru sudah dikoordinasikan dengan seluruh elemen tim, baik manajemen dan pelatih.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Umuh Muchtar, Manajer Persib Bandung Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTUmuh Muchtar, Manajer Persib Bandung

“Sekarang sudah mulai berjalan dengan baik. Saya, manajemen, dan pelatih sudah berkesinambungan untuk itu. Kami sudah satu suara dan tinggal menunggu langkah terbaik di putaran kedua nanti,” ucap Umuh.

Pihak Persib sendiri belum memberikan keterangan lebih lanjut soal status penyerang baru yang diinginkan, entah asing atau pemain lokal. Akan tetapi, jika Persib membutuhkan opsi, ada sejumlah pemain naturalisasi yang sepertinya layak untuk dipertimbangkan.

Lalu, siapa saja kira-kira para pemain naturalisasi yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Cristian Gonzales

© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Cristian Gonzales pada saat latihan bersama timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang. Copyright: Ratno Prasetyo/ INDOSPORTCristian Gonzales pada saat latihan bersama timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Nama Cristian Gonzales sudah terkenal sebagai salah satu pemain naturalisasi yang memiliki kualitas top. Lihat saja kiprahnya musim lalu, Gonzales dengan deretan golnya, berhasil membawa PSS Sleman naik kasta dari Liga 2 ke Liga 1.

Gonzales sendiri kini tercatat bermain untuk PSIM Yogyakarta. Ia baru bergabung dengan PSIM pada awal tahun 2019 lalu.

Andai Persib berminat, nama Gonzales jelas layak untuk dipertimbangkan. Terlebih, Cristian Gonzales juga pernah berseragam Persib Bandung selama kurang lebih tiga tahun, dari 2009 hingga 2012.

Peluang Persib Bandung untuk mendatangkan Gonzales juga terbuka lebar bila sang pemain ingin kembali berkancah di kompetisi kasta tertinggi. Patut ditunggu, apakah Persib nantinya memilih Gonzales untuk diboyong?


Beto Goncalves

Alberto Alberto 'Beto' Goncalves kecewa usai Madura United tersingkir dari Piala Indonesia.

Usianya memang sudah tak muda lagi, tapi Beto Goncalves tetap mampu menunjukkan kualitasnya sebagai bomber tajam. Buktinya, ia sebagai pemain naturalisasi masih kerap mendapatkan kesempatan untuk menjadi penyerang utama Timnas Indonesia. 

Beto sendiri kini bermain untuk Madura United. Sejauh ini, Beto sudah bermain dalam 11 laga Liga 1 2019 dan total mencetak lima gol.

Anda Persib berminat, Beto jelas bisa menjadi opsi yang layak untuk dipertimbangkan. Apalagi, bila mengingat Madura United kini juga sudah punya penyerang tajam lainnya, Aleksandar Rakic, mungkin mendapatkan Beto bukanlah perkara mudah.

Demi bisa memboyong Beto, Persib perlu mengeluarkan sejumlah dana transfer. Berdasarkan data situs Transfermarkt, Beto kini kisaran harganya menyentuh angka 75 ribu euro atau 1 miliar rupiah.

Ilija Spasojevic

© Nofik Lukman/INDOSPORT
Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic. Copyright: Nofik Lukman/INDOSPORTPenyerang Bali United, Ilija Spasojevic.

Persib Bandung mungkin bisa langsung mencari sosok penyerang naturalisasi yang berkualitas. Kalau dilihat dari kondisi belakangan, nama Ilija Spasojevic layak untuk dikedepankan.

Spasojevic kini cukup produktif menjebol gawang lawan dengan catatan lima gol dari 11 laga. Ia juga berhasil membawa timnya, Bali United bercokol di papan atas klasemen.

Kualitas Spaso yang cukup mentereng, diyakini dapat mempertajam lini depan Persib. Namun, andai benar ingin merekrut Spasojevic, biaya transfer yang perlu dikeluarkan Persib adalah sekitar 4,7 miliar rupiah.

Spasojevic sendiri sudah tak asing lagi dengan skuat Persib Bandung. Dahulu, Spasojevic sempat memperkuat Persib selama kurang lebih satu tahun, yakni dari 2015 hingga 2016.