Bola Internasional

Hasil Pertandingan Piala AFF U-18 2019 Timnas Indonesia vs Timor Leste: Menang Telak

Kamis, 8 Agustus 2019 18:08 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI/INDOSPORT
Babak akhir laga Timnas Indonesia U-18 vs Timor Leste U-18. Copyright: © PSSI/INDOSPORT
Babak akhir laga Timnas Indonesia U-18 vs Timor Leste U-18.

INDOSPORT.COM Timnas Indonesia U-18 unggul 4-0 atas Timor Leste di laga kedua penyisihan grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Go Dau, Vietnam, Kamis (08/08/19).

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFF U-18 2019, dengan koleksi enam poin. Sementara Timor Leste, berada di peringkat ketiga dengan tiga poin. Mereka kalah selisih gol dari Myanmar yang juga mempunyai tiga poin.

Babak I

Timnas Indonesia U-18 tampil menggebrak di menit-menit awal babak pertama. Mereka bahkan memperoleh peluang emas, saat laga baru berjalan satu menit.

Sutan Zico memanfaatkan umpan terobosan dari sisi kiri, namun tendangannya masih bisa diblok oleh kiper Timor Leste padahal posisinya sudah one on one

Bola mentah coba dicocor oleh Fajar Fathur Rachman kembali ditepis oleh Georgina. Sepak pojok berhasil diamankan oleh kiper lawan. 

Setelah serangan bertubi-tubi dalam lima menit perdana, gawang Timor Leste akhirnya bergetar juga oleh sepakan melengkung dari David Maulana di menit ke-7. Skor berubah jadi 1-0.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Tertinggal satu gol, Timor Leste merespons. Mereka bermain sabar untuk membangun serangan. Hasilnya, dua peluang emas mereka dapatkan pada menit ke-27. 

Yang paling berbahaya ketika tendangan bebas, Mouzinho nengarah ke gawang Indonesia. Beruntung, Ernando  berhasl mematahkannya.

Tak ingin diserang terus, Timnas Indonesia U-18 mencoba keluar dari tekanan. Permainan dari kaki ke kaki, mampu membuat para pemain Timor Leste kesulitan untuk mematahkan serangan Garuda Nusantara.

Pada menit ke-42, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. lewat sepakan keras pemain yang baru saja masuk, Salman Alfarid memanfaatkan bola liar dari hasil blok kiper Timor Leste. Skor berubah jadi 2-0.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cuplikan Sepakbola (@indonesia.highlightid) on

Lima menit jelang laga bubaran, Timnas Indonesia U-18 memperbesar keunggulan melalui gol Beckham Putra dari titik putih, pada menit ke-45+2. Skor 3-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-18 atas Timor Leste pun menutup babak pertama. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cuplikan Sepakbola (@indonesia.highlightid) on

Babak II

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-18 masih mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa kali mereka memperoleh peluang di 10 menit perdana sejak kick off.

Sutan Zico memperoleh membuka peluang pertama, memanfaatkan umpan silang mendatar dari Fajar di sisi kanan masih bisa diamankan oleh kiper Timor Leste.

Keasikan menyerang, lini pertahanan Indonesia tersentak dengan serangan balik cepat Timor Leste. Gumario melepaskan tembakan dari tengah lapangan, namun beruntung bola masih bisa ditepis oleh Ernando.

Timor Leste lagi-lagi memperoleh peluang emas untuk memperkecil skor. Namun, sundulan Mouzinho masih bisa diamankan dengan baik oleh Ernando di menit ke-63.

Ditengah upayanya mengejar gol, gawang Timor Leste malah kembali kebobolan. melalui sepakan keras Sutan Zico dari jarak dekat setelah memanfaatkan tendangan bebas dari belakang yang tak bisa diantisipasi. Skor jadi 4-0.

Tiga menit jelang laga bubaran, sebuah drama terjadi. Salah satu pemain Timor Leste melakukan pelanggaran. Namun, pemain Indonesia tidak terima. Sebuah keributan terjadi.

Setelah berhasil direlai, wasit pun memberikan kartu merah terhadap pemain Timor Leste yang melakukan pelanggaran, Salvador Da Silva. Tak lama kemudian, wasit langsung meniup peluit panjang. Skor 4-0 tak berubah.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-18

Ernando Ari, Amiruddin Bagas Kaffa, Yudha Febrian, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Fajar Fathur Rachman, Brylian Aldama, David Maulana (C), Beckham Putra, Mochammad Supriadi Sutan Zico.

Timor Leste

Georgino Da Silva, Gumario Moreira, Jaimito Soares, Jose Antonio, Kornelis Portela, Dom Lucas Braz, Osorio Gusmao, Salvador Da Silva, Kay Olok Gusmao, Expedito Conceicao, Mouzinho Lima.