Liga Indonesia

Hasil Liga 1 2019 Persija vs Bhayangkara FC: Macan Kemayoran Tertahan

Sabtu, 10 Agustus 2019 17:34 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi pertandingan Persija Jakarta vs Bhayangkara FC di Stadion Patriot. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi pertandingan Persija Jakarta vs Bhayangkara FC di Stadion Patriot.

INDOSPORT.COM - Memasuki pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019, Persija kembali gagal meraih poin penuh saat menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patrio Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (10/08/19).

Unggul terlebih dahulu melalui gol Marko Simic, Macan Kemayoran harus puas mengakhiri laga dengan satu poin usai Anderson Salles mencetak gol penyeimbang 1-1 di menit ke-41.

Sejak dimulainya babak pertama, Bhayangkara langsung berinisiatif menekan barisan pertahanan Persija. Tidak butuh waktu lama bagi anak asuh Alfredo Vera untuk mendapatkan peluang pertamanya melalui tendangan bebas.

Sayang, tendangan bebas Anderson Salles, masih mengenai pemain Persija, dan hanya membuahkan sepak pojok. Tidak mau kalah, hanya beberapa menit kemudian atau tepatnya pada menit ke-5, Macan Kemayoran mendapatkan peluang pertamanya melalui Novri Setiawan.

Berawal dari kemelut umpan silang, Novri yang berdiri bebas tanpa penjagaan langsung menyambar bola. Beruntung bagi Bhayangkara, Wahyu Tri Nugroho, mampu menepis sepakan jarak dekat Novri.

Sempat jual-beli serangan, Persija akhirnya bisa kembali mengancam gawang Bhayangkara melalui Marko Simic di menit ke-17. 

Sayang, tendangan bebas sang penyerang lagi-lagi bisa ditepis oleh Wahyu. Begitupula dengan tendangan dari luar kotak penalti Novri yang masih mampu ditangkap selang beberapa menit kemudian.

Memasuki menit ke-28, Persija akhirnya sukses memecah kebuntuan di laga ini. Simic yang mendapatkan umpan dari Riko Simanjuntak, langsung menyundul bola tepat ke arah gawang Bhayangkara FC. Persija sementara unggul 1-0.

Unggul 1-0, tampaknya tidak mengendurkan serangan Persija. Kali ini, Novri untuk kesekian kalinya mengancam Bhayangkara di pertandingan ini. Beruntung, sundulannya di menit ke-35 masih membentur tiang gawang

Hanya berselang beberapa menit kemudian, giliran Ramiro Fergonzi yang mengancam gawang Persija. Sayang, sundulannya masih melebar.

Saat babak pertama menyisakan lima menit lagi, Bhayangkara akhirnya sukses menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Anderson Salles. Skor sementara imbang 1-1. Tidak ada gol lagi yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, baik Persija ataupun Bhayangkara sama-sama tidak mengendurkan intens serangannya,. Terutama anak asuh Julio Banuelos yang mengincar tiga poin dalam laga ini.

Macan Kemayoran mendapatkan peluang pertamanya di babak kedua. Lagi-lagi, melalui skema bola mati, Simic sukses mengacam gawang Wahyu Tri Nugroho. Beruntung sang penjaga gawang mampu menepis bola tersebut.

Faktor rapatnya lini pertahanan dari kedua tim, membuat laga ini terasa alot, dan membuat para pemain Persija dan Bhayangkara kesulitan menciptakan peluang. 

Saat memasuki menit ke-75, peluang emas berhasil didapatkan oleh Bhayangkara melalui Herman Dzumafo. Kesalahan antisipasi Rohit Chand, berhasil dimanfaatkan oleh penyerang naturalisasi ini.

Namun, Dzumafo gagal mengkonversikan menjadi gol usai Andritany mampu menangkapnya dengan baik. Skor masih sama kuat 1-1.

Saat laga menyisakan beberapa menit lagi, Bambang Pamungkas yang masuk dengan menggantikan Ramdani Lestaluhu, berhasil mendapatkan sebuah peluang emas. Sayang, tendangannya masih melenceng jauh dari gawang Bhayangkara.

Hingga babak kedua berakhir, tidak ada satu peluang pun yang tercipta, dan tidak ada satu gol pun yang tercetak. Laga berakhir seri sama kuat 1-1.

Dengan hasil ini, Persija harus puas tertahan di peringkat ke-17 dengan raihan delapan angka. Sedangkan Bhayangkara masih tak bergerak di peringkat tujuh dengan torehan 17 poin.

Line Up 

Persija (4-2-3-1)

Adritany (GK)
Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa
Toni Sucipto, Rohit Chand
Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Novri Setiawan
Marko Simic

Bhayangkara FC (4-3-3)
Wahyu Tri Nughroho (GK)
Arief Setiawan, Indra Khafi Ardhiyaksa, Anderson Salles, N. Haris
Wahyu Subo, M. Hargianto, Adam Alis
Ramiro Fergonzi, Dendy Sulistyawan, M. Iskandar