Bola Internasional

Termasuk Wasit Perempuan, 5 Fakta Mengejutkan Soal Piala Super Eropa 2019

Selasa, 13 Agustus 2019 16:42 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Liverpool vs Chelsea. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Liverpool vs Chelsea.

INDOSPORT. COM - Sejumlah fakta mengejutkan bakal tersaji dalam laga Piala Super Eropa 2019 antara Liverpool vs Chelsea, Kamis (15/08/19) mendatang. Apa saja?

Ajang Piala Super Eropa memang sudah menjadi sebuah tradisi dalam kancah sepak bola Benua Biru. Setiap awal musim baru, Piala Super Eropa pasti digelar dan mempertandingkan jawara Liga Champions melawan raja Liga Europa musim sebelumnya.

Pada edisi tahun 2019, dua tim yang akan bertanding di Piala Super Eropa adalah Liverpool dan Chelsea. Liverpool yang musim lalu menjuarai Liga Champions, bakal bersua Chelsea yang berstatus jawara Liga Europa 2018/19.

Laga Liverpool vs Chelsea akan dilangsungkan pada Kamis (15/08/19) mendatang, tepatnya pukul 02.00 dini hari WIB. Venue pertandingan bakal meminjam markas dari tim Turki, Besiktas, yakni Vodafone Arena.

Kalau ditelaah lebih mendalam, pertemuan antara Liverpool vs Chelsea di ajang Piala Super Eropa nanti berpotensi dihiasi sejumlah fakta menarik. Lalu, apa sajakah fakta-fakta yang dimaksudkan tersebut?

Kesempatan Pertama Bagi Turki

© Twitter
Vodafone Arena Copyright: TwitterVodafone Arena

Perhelatan Piala Super Eropa 2019 antara Liverpool vs Chelsea terbilang akan sangat spesial bagi negara Turki. Bagaimana tidak, berdasarkan data dari Daily Mail, laga Liverpool vs Chelsea merupakan kesempatan pertama Turki untuk menjadi negara tuan rumah penyelenggara Piala Super Eropa.

Ya, venue laga Piala Super Eropa 2019 akan meminjam markas dari tim Turki, Besiktas, yakni Vodafone Arena. Stadion ini kabarnya memiliki kapasitas sekitar 41.888 penonton.

Uang Hadiah 

© Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Liverpool juara Liga Champions Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images Copyright: Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty ImagesLiverpool juara Liga Champions Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images

Tim yang berlaga di Piala Super Eropa pasti akan mendapatkan hadiah berupa uang. Begitu pula pada edisi tahun 2019 ini, Liverpool dan Chelsea bakal menerima uang hadiah partisipasi masing-masing sebesar 3,5 juta euro.

Bagi tim pemenang laga nantinya berhak mendapatkan uang hadiah tambahan lagi. Entah Liverpool atau Chelsea, siapapun yang keluar sebagai juara Piala Super Eropa 2019 akan membawa pulang uang hadiah tambahan sebesar 1 juta euro.

Makna Spesial untuk Sepak Bola Inggris

© John Powell/GETTYIMAGES
Duel antar pemain Liverpool dan Chelsea di Anfield. Copyright: John Powell/GETTYIMAGESDuel antar pemain Liverpool dan Chelsea di Anfield.

Perhelatan Piala Super Eropa 2019 akan sangat spesial untuk kancah sepak bola Inggris. Berdasarkan data dari situs resmi UEFA, laga Kamis (13/08/19) mendatang bakal menjadi kali pertama dua tim Inggris bisa saling beradu di Piala Super Eropa.

Ya, Liverpool dan Chelsea merupakan dua klub asal Inggris yang akan saling beradu di Piala Super Eropa 2019. Liverpool sendiri menjadi tim Inggris terakhir yang mampu menjuarai Piala Super Eropa pada tahun 2005 lalu, dengan mengalahkan wakil Rusia, CSKA Moskow.

Rekor Frank Lampard

© Nick Potts/GettyImages
Frank Lampard, legenda Chelsea yang kini jadi pelatih Derby County. Copyright: Nick Potts/GettyImagesFrank Lampard

Nama Frank Lampard berpotensi menciptakan rekor di laga Piala Super Eropa 2019 nanti. Ia berkesempatan melengkapi jejak karier sepak bolanya, menjadi sosok yang bisa tampil di Piala Super Eropa secara lengkap, baik sebagai pemain dan juga pelatih.

Dahulu semasa masih aktif bermain, Lampard sudah dua kali tampil di Piala Super Eropa dengan membela Chelsea, masing-masing pada tahun 2012 dan 2013. Kini, Lampard yang sudah berkarier sebagai pelatih, akan menungkangi Chelsea melawan Liverpool dalam laga Piala Super Eropa 2019.

Wasit Wanita

© FRANCK FIFE/AFP/Getty Images
Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart saat memimpin jalannya pertandingan. Foto: FRANCK FIFE/AFP/Getty Images Copyright: FRANCK FIFE/AFP/Getty ImagesWasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart saat memimpin jalannya pertandingan. Foto: FRANCK FIFE/AFP/Getty Images

Seorang wasit wanita akan turut terlibat dalam laga Piala Super Eropa 2019. Stéphanie Frappart, wanita asal Prancis ini bakal bertindak sebagai asisten wasit ketika Liverpool bertarung kontra Chelsea, Kamis (15/08/19) mendatang.

Stephanie Frappart berdasarkan situs UEFA akan menemani ketiga wasit lainnya, Manuela Nicolosi, Michelle O'Neill, dan Cuneyt Cakir. Momen ini pun bakal menjadi kali pertama dalam sejarah sebuah laga resmi sepak bola pria UEFA melibatkan seorang wasit wanita.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%