Liga Inggris

Wan-Bissaka atau Alexander-Arnold, Siapa Bek Kanan Muda Terbaik di Laga Perdana Liga Primer Inggris?

Selasa, 13 Agustus 2019 11:59 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Aaron Wan-Bissaka vs Trent Alexander-Arnold
Aaron Wan-Bissaka vs Trent Alexander-Arnold. Copyright: © Aaron Wan-Bissaka vs Trent Alexander-Arnold
Aaron Wan-Bissaka vs Trent Alexander-Arnold.

INDOSPORT. COM - Membahas soal bek kanan muda top di laga perdana Liga Primer Inggris 2019/20, ada dua nama yang sekiranya menjadi sorotan, yakni Aaron Wan-Bissaka dan Trent Alexander-Arnold. Siapa yang terbaik?

Perhelatan Liga Primer Inggris 2019/20 telah dimulai. Akhir pekan lalu, seluruh tim peserta sudah memainkan laga perdananya.

Berbicara soal laga perdana Liga Primer Inggris, ada seorang bek kanan yang namanya menjadi sorotan. Sosok bek kanan yang dimaksudkan itu ialah penggawa Manchester United, Aaron Wan-Bissaka.

Nama Wan-Bissaka begitu disorot lantaran dirinya merupakan pemain anyar yang dimiliki Setan Merah musim ini. Diboyong dari Crystal Palace pada bursa transfer musim panas 2019, pemain berusia 21 tahun itu sudah langsung menjalani debutnya di laga resmi saat Manchester United menang 4-0 atas Chelsea, Minggu (11/08/19) kemarin.

Membahas soal peforma yang ditampilkan oleh Wan-Bissaka, mungkin akan lebih seru bila membandingkannya dengan seorang bek kanan top dari klub rival, Liverpool. The Reds memiliki bek kanan muda berusia 20 tahun, Trent Alexander-Arnold, yang sudah terbiasa mendapatkan menit bermain reguler.

Trent Alexander-Arnold musim lalu turut berperan besar atas keberhasilan Liverpool merajai ajang Liga Champions Eropa. Pada leg kedua semifinalkontra Barcelona, umpan cerdiknya sukses menghasilkan gol kemenangan Liverpool dalam laga yang berakhir dengan skor 4-0.

Melihat segala penjabaran di atas, kira-kira siapa bek kanan muda terbaik di laga perdana Liga Primer Inggris? Wan-Bissaka bersama tim barunya, atau Alexander-Arnold yang untuk kesekian kalinya tampil sebagai starter bagi Liverpool?

Aaron Wan-Bissaka

© premierleague
Aaron Wan-Bissaka berhasil melabui pemain Chelsea di Liga Primer Inggris perdana. Copyright: premierleagueAaron Wan-Bissaka berhasil melabui pemain Chelsea di Liga Primer Inggris perdana.

Aaron Wan-Bissaka tampil sejak menit awal saat Manchester United menjamu Chelsea di Old Trafford, Minggu (11/08/19) kemarin. Peran Wan-Bissaka di sektor bek sayap kanan lantas membantu Setan Merah menggilas Chelsea dengan skor telak 4-0.

Berdasarkan data dari situs Whoscored, Wan-Bissaka penampilannya diberi rating 8,25. Angka yang terbilang sangat bagus bagi rating peforma seorang pemain sepak bola di lapangan.

Sepanjang 90 menit pertandingan, Wan-Bissaka yang kerap membantu serangan tak pernah melepaskan tendangan sama sekali. Wan-Bissaka juga harus mendapati sekali kehilangan bola.

Kelebihan Wan-Bissaka lantas terletak pada kemampuannya dalam membantu pertahanan yang mencatatkan satu kali menang duel udara dan enam kali tekel sukses. Ia juga mampu melancarkan dua kali upaya menggiring bola yang melewati pemain lawan.

Kebolehan Wan-Bissaka juga terlihat pada kemampuan akurasi umpannya. Whoscored mencatat Wan-Bissaka memiliki presentase akurasi umpan sukses sebesar 86 persen.

Trent Alexander-Arnold

© Sportskeeda
Trent Alexander-Arnold aset masa depan Liverpool Copyright: SportskeedaTrent Alexander-Arnold aset masa depan Liverpool

Trent Alexander-Arnold kembali menjadi andalan bagi posisi bek kanan Liverpool di musim 2019/20. Peran Alexander-Arnold pun turut membantu Liverpool menang 4-1 atas Norwich City di laga perdana Liga Primer Inggris.

Situs Whoscored memberikan rating 7,7 atas peforma Alexander-Arnold dalam laga tersebut. Angka yang cukup bagus, tapi harus diakui masih tertinggal dari pencapaian Wan-Bissaka tadi.

Alexander-Arnold ketika membantu serangan timnya mampu melepaskan dua tendangan. Ia juga tiga kali bertugas sebagai eksekutor sepak pojok Liverpool.

Sayangnya, kemampuan bertahan Alexander-Arnold tak sebaik yang diperlihatkan Wan-Bissaka. Alexander-Arnold hanya mencatatkan satu kali tekel sukses dan sekali menang duel udara.

Kelemahan juga terlihat dari presentase akurasi umpan Alexander-Arnold yang hanya 60 persen saja. Ia bahkan tak sama sekali menorehkan kesuksesan menggiring bola melewati pemain lawan.

Berdasarkan segala data dari situs Whoscored, siapa yang layak mendapat label bek kanan muda terbaik di laga perdana Liga Primer Inggris? Bintang anyar Manchester United, atau sang wonderkid Liverpool?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%