Liga Indonesia

Jacksen Tiago Ungkap Resep di Balik Tren Positif Persipura

Kamis, 15 Agustus 2019 12:51 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Sudjarwo/INDOSPORT
Jacksen F. Tiago saat konferensi pers jelang laga Persipura Jayapura vs Kalteng Putra Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Jacksen F. Tiago saat konferensi pers jelang laga Persipura Jayapura vs Kalteng Putra

INDOSPORT.COM - Kemenangan yang diraih Persipura Jayapura atas Kalteng Putra, Rabu (14/08/19) kemarin menjadi kemenangan keempat tim berjuluk mutiara hitam di Shopee Liga 1 2019 sejak ditangani oleh Jacksen F. Tiago. Jacksen pun membongkar rahasia di balik tren positif yang kini tengah dialami Persipura.

Kemenangan yang juga menjadi kali keduanya diraih oleh Persipura di kandang sendiri itu kembali melanjutkan tren positif mereka usai menang di markas PSIS Semarang.

Jacksen pun lantas membeberkan resep ampuh timnya yang berhasil mendapatkan dua kemenangan beruntun.

"Saya menilai sebenarnya rencana kita sudah berjalan baik di setiap pertandingan dan kita selalu menciptakan banyak peluang, tapi jujur saja saya mengakui selama berada di Persipura beberapa hari ini hampir 80 persen dari materi yang saya berikan itu memang lebih fokus kepada lini pertahanan," ujar Jacksen kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (15/8/19).

Jacksen menjelaskan, lini pertahanan memang menjadi fokus utamanya, mengingat Persipura belum cukup maksimal dalam bertahan dan sering kebobolan.

Sementara itu, ia juga mengaku jika tak banyak membenahi lini depan yang menurutnya punya sederet pemain yang punya naluri bagus dalam urusan mencetak gol.

"Saya coba membuat lini pertahanan yang solid dulu, dan yang penting kita tidak kalah dulu dan tidak kebobolan, karena untuk lini serang pemain kita punya naluri yang sudah alamiah sehingga itu sedikit demi sedikit saya ubah. Dan saya rasa sudah ada perubahan di pertandingan kemarin yang berjalan sulit," tandasnya. 

Dari lima laga yang didampingi Jacksen, Persipura sendiri baru merasakan dua kali kebobolan saat bertandang ke markas Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang. Sementara di tiga laga lainnya menghadapi Madura United, Bhayangkara FC dan Kalteng Putra, Persipura sukses mencatatkan clean sheet.