Bola Internasional

Lampard Tak Perlu Sedih, 4 Pelatih Sukses Ini Juga Sempat Gagal di Awal Musim

Kamis, 15 Agustus 2019 09:11 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Michael Regan/INDOSPORT
Frank Lampard, Pelatih Chelsea. Copyright: © Michael Regan/INDOSPORT
Frank Lampard, Pelatih Chelsea.

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar yang juga legenda Chelsea, Frank Lampard saat ini berada dalam sorotan menyusul hasil minor yang diraih oleh timnya.

Selama menjalani pramusim, memang tim London Barat ini mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, namun permainan yang disuguhkan masih belum meyakini para fans Chelsea sendiri.

Terlebih, saat menjalani 2 pertandingan penting di awal musim 2018/19, Lampard gagal memberikan kemenangan untuk Chelsea.

Usai dihajar oleh Manchester United dengan skor telak 0-4 di Liga Primer Inggris, kini The Blues baru saja gagal meraih gelar Piala Super Eropa usai dibekuk oleh Liverpool dengan skor 5-4 setelah bermain imbang 2-2.

Mungkin bisa dibilang wajar, mengingat skema permainan Chelsea di bawah arahan Frank Lampard masih tahap adaptasi setelah meninggalkan taktik dari pelatih sebelumnya, Maurizio Sarri.

© twitter.com/LFC
Pemain Liverpool dan Chelsea berebut bola di pertandingan Piala Super Eropa 2019 Copyright: twitter.com/LFCPemain Liverpool dan Chelsea berebut bola di pertandingan Piala Super Eropa 2019

Terlebih, Frank Lampard yang terbilang masih hijau dalam dunia kepelatihan sudah mendapat dua ujian besar yaitu melawan Manchester United dan Liverpool.

Meski demikian, pria asal Inggris ini tak perlu risau dengan dua hasil buruk yang didapat oleh timnya.

Sebaliknya, Frank Lampard mungkin bisa belajar dan menjadikan motivasi untuk meraih kesuksesan dengan memboyong gelar demi gelar bagi Chelsea, seperti para pendahulunya.

Ya, cukup banyak pelatih yang sukses dalam raihan gelar namun sempat mengawali awal musim yang kurang memuaskan. Siapa sajakah mereka? Berikut kami rangkum menjadi 4 pelatih yang sukses meski sempat gagal pada laga debutnya.

Sir Alex Ferguson

© Daily Mail
Sir Alex Ferguson. Copyright: Daily MailSir Alex Ferguson, mantan pelatih Manchester United.

Bagi pencinta sepak bola sejati, sosok yang satu ini jelas sudah diketahui bukan? Sebanyak 13 gelar Liga Primer Inggris, 5 gelar Piala FA, dan 3 gelar Liga Champions merupakan bukti kesuksesan dari mantan juru taktik Manchester United ini.

Belum lagi dengan sejumlah gelar ditiap kompetisi yang diraihnya semasa melatih The Red Devils yang membuatnya menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia.

Namun tentu tidak banyak yang tahu, jika Sir Alex Ferguson pada awal-awal melatih Manchester United tak berjalan dengan mulus.

Legenda asal Skotlandia ini pertama ditunjuk sebagai juru taktik Manchester United pada pertengahan musim 1886/87 menggantikan Ron Atkinson dan pada debutnya Man United kalah dari Oxford United 0-2.

Tak hanya itu, butuh waktu tiga musim baginya untuk bisa memberikan gelar pertamanya di Manchester United, yakni Piala FA. Barulah setelah itu gelar demi gelar diberikan olehnya ke Old Trafford.

Sosok yang satu ini jelas sangat wajib dijadikan teladan dan motivasi bagi Frank Lampard.

Roberto Mancini

© INDOSPORT
Roberto Mancini, pelatih Timnas Italia saat dalam latihan. Copyright: INDOSPORTRoberto Mancini, mantan pelatih Inter Milan yang kini melatih Timnas Italia saat dalam latihan.

Pria asal Italia ini juga sempat mengalami awal musim yang jauh dari kata memuaskan saat dirinya ditunjuk sebagai pelatih Inter Milan yang baru di musim 2004/05.

Bayangkan, dari 15 pertandingan pertamanya, Inter hanya mampu meraih tiga kemenangan saja, 12 laga lagi berakhir dengan imbang.

Jelas situasi tersebut membuat dirinya sempat diragukan untuk bisa memberikan kesuksesan bagi Inter Milan.

Namun siapa yang sangka? Jika di musim tersebut bahkan hingga tahun 2008 Roberto Mancini mampu memberikan Scudetto alias gelar Serie A Italia untuk Inter Milan tiga kali secara beruntun.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%