Liga Indonesia

Lebih Hebat dari Pemain Asing Baru Persib, Winger Berdarah Indonesia ini Bisa Diboyong Klub Liga 1

Jumat, 16 Agustus 2019 13:29 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Klub-klub Liga 1 punya sebuah opsi menarik jika ingin mendatangkan sosok pemain asing baru. Menjelajah ke Belanda sana, ada seorang winger berdarah Indonesia yang sedang menganggur dan jelas bisa untuk diboyong.

Sosok pemain yang dimaksudkan itu bernama Xander Houtkoop. Ia merupakan winger berkebangsaan Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia.

Seperti yang tertera dalam profil dirinya di situs Transfermarkt. Pada bagian status kewarganegaraan Xander Houtkoop, terdapat dua gambar bendera, yakni Belanda dan Indonesia.

Sosok Xander Houtkoop sendiri kini tercatat sedang tak memiliki klub. Ia menganggur setelah pada 1 Januari 2019 lalu dilepas oleh klub Norwegia, Hamarkameratene.

Andai ada klub Liga 1 2019 yang membutuhkan pemain asing baru, nama Xander Houtkoop jelas bisa menjadi opsi menarik. Berpengalaman di kancah sepak bola Eropa, Xander Houtkoop dapat didatangkan oleh klub Liga 1 2019 secara gratis dengan status bebas transfer.

Soal kualitas, Xander Houtkoop terbilang lebih hebat ketimbang pemain asing anyar Persib Bandung, Kevin van Kippersluis. 

Lihat saja dari perbandingan kariernya, Xander pernah mencatatkan penampilan di Eredivisie Belanda (kasta tertinggi), sementara Kevin van Kippersluis paling mentok hanya menghiasi kasta kedua Liga Belanda saja.

Masalah perolehan gelar, Xander juga unggul ketimbang Kevin. Xander pernah menjuarai Piala Belanda pada 2008/09 bersama SC Heerenveen, sedangkan Kevin masih nihil gelar.

Keunggulan Xander makin ketara jika menengok kiprahnya di level internasional. Semasa masih remaja, pemain berusia 30 tahun itu sempat 10 kali membela Timnas Belanda level U-20 dan U-19.

Pertanyaan selanjutnya, mungkinkah ada klub Liga 1 2019 yang tertarik untuk merekrut Xander? Melihat kualitasnya yang lebih hebat dari pemain asing baru Persib, sepertinya bukan mustahil Xander merumput di Indonesia. Setuju?