Bola Internasional

4 Penggawa Timnas Indonesia U-18 jadi Poros Permainan Lawan Malaysia

Sabtu, 17 Agustus 2019 13:01 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Dari Kiri Ke Kanan, Bagus Kahfi, Sutan Zico, M Supriadi dan Rendi Juliansyah. Keempat pemain itu merupakan eks Timnas Indonesia U-16 2018. Fakhri Husaini siap ikuti Piala AFF U-19. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Dari Kiri Ke Kanan, Bagus Kahfi, Sutan Zico, M Supriadi dan Rendi Juliansyah. Keempat pemain itu merupakan eks Timnas Indonesia U-16 2018. Fakhri Husaini siap ikuti Piala AFF U-19.

INDOSPORT.COM – Laga sarat gengsi akan tersaji dalam babak semifinal Piala AFF U-18 2019, di mana Timnas Indonesia U-18 akan menghadapi Malaysia U-18 pada Sabtu (17/08/19) sore di Go Dau Stadium, Vietnam.

Skuat Garuda Muda sukses melewati fase penyisihan grup A dengan tanpa kekalahan, empat kemenangan dan satu hasil imbang hingga keluar sebagai juara grup. Sementara Harimau Malaya menjadi runner up grup B dengan tiga kemenangan dan dua kekalahan.

Selain digdaya dalam fase penyisihan grup, secara materi pemain pun Timnas Indonesia U-18 pun dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan tim lawan.

Sejumlah pemain alumni Garuda Select yang pernah menimba ilmu sepak bola di Inggris turun sebagai andalan, berkolaborasi dengan pemain terbaik lainnya dari hasil seleksi ketat.

Lantas, siapa saja penggawa Timnas Indonesia U-18 yang akan menjadi poros permainan menghadapi Timnas Malaysia U-18 di laga semifinal Piala AFF U-18 2019?

1. Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri

© pssi.org
Bagus Kahfi akan merayakan gol bersama rekan satu timnya. Copyright: pssi.orgBagus Kahfi akan merayakan gol bersama rekan satu timnya.

Sempat tersingkir dari daftar top skorer sementara Piala AFF U-18 2019 karena disalip oleh penggawa Australia U-18 dan Timor Leste U-18, kini Bagus Kahfi berpeluang besar untuk kembali merajai puncak klasemen top skor AFF U-18.

Hingga kini Bagus Kahfi telah membukukan lima gol untuk Timnas Indonesia U-18, meski baru diturunkan pelatih Fakhri Husaini dalam empat laga.

2. Rendy Juliansyah

© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Rendy Juliansyah tampak lesu timnya gagal lolos semifinal Piala Asia 2018. Copyright: Abdurrahman Ranala/INDOSPORTRendy Juliansyah tampak lesu timnya gagal lolos semifinal Piala Asia 2018.

Meski sebelumnya tak ikut serta dalam program Garuda Select, namun Rendy Juliansyah berhasil membuktikan kualitasnya dengan mampu bersaing mengisi lini serang Timnas U-18 di ajang Piala AFF U-18 2019.

Walaupun baru diturunkan dalam dua laga, namun Rendy Juliansyah sudah melesakkan dua gol kemenangan untuk Indonesia. Tak salah lagi, jika Fakhri Husaini telah menunjuk Rendy untuk menjadi starting line up, maka peluang kemenangan Timnas U-18 menghadapi Malaysia kian besar.

3. Brylian Negietha Dwiki Aldama

© Persebaya.id/Satrio Wicaksono
Pemain Timnas Indonesia U-16 Brylian Negietha Dwiki Aldama gabung Persebaya Surabaya U-16 Copyright: Persebaya.id/Satrio WicaksonoPemain Timnas Indonesia U-16 Brylian Negietha Dwiki Aldama gabung Persebaya Surabaya U-16

Tampil dalam empat laga dari lima pertandingan Timnas Indonesia U-18 di fase grup, Brylian Aldama terus memberikan kontribusi terbaiknya sebagai jenderal lapangan tengah.

Pengalamannya saat menghadapi Timnas Malaysia di semifinal Piala AFF U-16 2018 lalu, membuat Brylian paham betul peta kekuatan lawan dan bagaimana cara menaklukkan serangan Malaysia, serta memberi umpan-umpan matang untuk skuat Garuda Muda di laga nanti.

4. Salman Alfarid

Nama Salman Alfarid sejatinya bukan pemain baru di skuat andalan Fakhri Husaini. Sejak membela Indonesia di Piala AFF U-16 2018, ia sudah menjadi andalan Fakhri Husaini di lini belakang.

Kini di Piala AFF U-18 2019, Salman sudah bermain penuh dalam tiga laga, dan turut berkontribusi memberikan satu gol kemenangan Timnas Indonesia U-18 saat membekuk Timor Leste U-18 di fase penyisihan Grup A.