Bola Internasional

Bukan Indonesia, Media Vietnam Sebut Timnas Kamboja U-18 Raja Asia Tenggara Karena Ini

Sabtu, 17 Agustus 2019 12:10 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© FA Thailand
Timnas Kamboja (kanan) jadi sorotan usai berhasil mengalahkan Thailand dan Vietnam di ajang Piala AFF U-18 2019. Copyright: © FA Thailand
Timnas Kamboja (kanan) jadi sorotan usai berhasil mengalahkan Thailand dan Vietnam di ajang Piala AFF U-18 2019.

INDOSPORT.COM – Timnas Kamboja U-18 disebut sebagai ‘raja sepak bola Asia Tenggara’ usai mengalahkan Vietnam dan Thailand di fase grup Piala AFF U-18 2019. Pasalnya, kedua negara yang disebut terakhir merupakan penghuni dua peringkat teratas AFF saat ini.

Pada laga kedua Grup B, Kamboja secara mengejutkan mengandaskan Thailand dengan skor 4-3. Pada laga terakhir, mereka mengalahkan Vietnam secara dramatis berkat gol Thy Lieng pada menit ke 90+5.

Kemenangan tersebut bahkan membuat Thailand dan Vietnam tak lolos ke babak semifinal. Thailand hanya menempati urutan kedua terbawah klasemen akhir. Sedangkan, Vietnam, yang hampir lolos, harus merelakan satu tiket babak empat besar untuk Malaysia.

Titel ‘raja sepak bola Asia Tenggara’ kemudian disematkan oleh para warganet dari sebuah forum sepak bola Asia Tenggara di media sosial. Hal inilah yang kemudian disoroti oleh media asal Vietnam, Dantri, yang juga terpaksa melihat negaranya takluk.

Dantri menyebutkan para warganet tetap memuji pencapaian Kamboja yang bisa mengalahkan dua negara tersebut di satu turnamen. Kamboja bahkan berhasil mencetak tujuh gol, yang mana satu lebih banyak ketimbang Thailand dan Vietnam.

Meski akhirnya tak berhasil lolos, Kamboja disebutkan punya masa depan sepak bola yang lebih cerah. Terlebih, Kamboja merupakan negara yang sama sekali tak pernah diunggulkan. Mereka kerap menjadi lumbung gol dari Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Berbicara ‘raja Asia Tenggara U-18’ sesungguhnya, Indonesia masih punya peluang. Tim asuhan Fakhri Husaini akan berhadapan dengan Malaysia tepat di hari ulang tahun kemerdekaan (17/8/19). Pemenang laga ini akan menghadapi Australia atau Myanmar di partai puncak Piala AFF U-18 2019.

1