Bola Internasional

Hasil Piala AFF Wanita 2019: Indonesia Takluk 7 Gol Tanpa Balas dari Vietnam

Minggu, 18 Agustus 2019 17:37 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© pssi.org
Timnas Wanita Indonesia. Copyright: © pssi.org
Timnas Wanita Indonesia.

INDOSPORT.COM – Gelaran AFF Women’s Championship atau Piala AFF Wanita 2019 mempertemukan Timnas Putri Indonesia vs Vietnam hari ini, Minggu (18/08/19) sore di IPE Stadium, Chonburi, Thailand. Skor akhir kekalahan 7-0 membuat Garuda Pertiwi terbenam di dasar klasemen sementara grup B.

Pelatih Rully Nere merotasi sejumlah pemain dan menurunkan formasi 4-2-1-3 guna menambah daya gedor Timnas, setelah di laga sebelumnya menghadapi Myanmar (16/08/19), tak banyak perlawanan yang bisa dilakukan oleh Dewi Tia Safitri dan kawan-kawan.

Jika sebelumnya Timnas Putri Indonesia harus mengakui keunggulan Myanmar dengan skor 7-0, kini saat menghadapi Vietnam, Garuda Pertiwi lagi-lagi harus takluk dengan skor yang sama, 7-0 tanpa balas.

Sepanjang pertandingan babak pertama, Vietnam sudah mendominasi jalannya pertandingan, dan sudah membuka keunggulan di menit pertama, melalui gol yang dilesakkan oleh Nguyen Thi Bich Thuy.

Selanjutnya, empat gol tambahan bersarang ke gawang Timnas Putri Indonesia yang dikawal oleh Norffince Boma. Garuda Pertiwi harus menyudahi babak pertama dengan tertinggal 0-5 dari Vietnam.

Berlanjut di babak kedua, barisan pemain belakang lagi-lagi terlambat menutup kebobolan hingga Norffince kembali memungut bola dua kali dari gawangnya.

Vietnam masih terus menekan hingga menit akhir, bahkan di menit ke-85, sepakan keras dari salah satu pemain hampir menjebol gawang Indonesia, namun kiper asal Papua itu cukup sigap menyambut bola yang bergulir di tanah.

Vietnam mendominasi serangan dan bermain lebih banyak di area bertahan Timnas Putri Indonesia, bahkan hingga tiga menit tambahan waktu. Alhasil, pertandingan babak kedua pun ditutup dengan skor 7-0.

Hasil akhir ini membuat Timnas Putri Indonesia tertahan di dasar klasemen sementara grup B dengan tanpa kemenangan dari dua laga, kebobolan 14 gol dan tak satupun melesakkan gol ke gawang Myanmar maupun Vietnam.

Selanjutnya skuat besutan Rully Nere akan kembali menghadapi Timnas Putri Kamboja pada Selasa (20/18/19) di IPE Stadium, Chonburi, Thailand.