In-depth

Kisah Manis Bomber Asing PSM Makassar dengan Top Skor Liga Inggris, Teemu Pukki

Minggu, 18 Agustus 2019 15:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© bola/Getty Images
Penyerang PSM Makassar, Eero Markkanen yang punya kedekatan dengan top skor Liga Primer Inggris, Teemu Pukki. Foto: bola/Getty Images Copyright: © bola/Getty Images
Penyerang PSM Makassar, Eero Markkanen yang punya kedekatan dengan top skor Liga Primer Inggris, Teemu Pukki. Foto: bola/Getty Images

INDOSPORT. COM - Bomber asing PSM Makassar, Eero Markkanen, ternyata punya kisah manis dengan top skor sementara Liga Inggris saat ini, Teemu Pukki.

Eero Markkanen, sosoknya mulai menghiasi kancah sepak bola Indonesia pada tahun 2019 ini. Sejak tanggal 13 Januari 2019 lalu, Markkanen menjadi bagian dari skuat PSM Makassar.

Markknanen pun lantas turut berkompetisi di ajang Shopee Liga 1 2019. Sayangnya, dari empat kali kesempatan bermain, Markkanen belum bisa menghasilkan satu gol pun.

Jauh di Inggris sana, tahun 2019 jadi momen yang membahagiakan untuk penyerang bernama Teemu Pukki. Sosoknya di akhir musim 2018/19, berhasil menyabet gelar top skor Divisi Champhionship dengan 29 gol, sekaligus mengantarkan klubnya, Norwich City, promosi ke Liga Inggris.

Kegemilangan Pukki pada tahun 2019 tak hanya berhenti di situ saja. Teranyar, Pukki secara mengejutkan mampu memuncaki daftar top skor sementara Liga Inggris 2019/20 dengan torehan empat gol dari dua laga.

Kontrasnya kisah Markkanen dan Pukki tersebut, tak menutup peluang keduanya untuk menjalin relasi. Sama-sama berasal dari Finlandia, Markkanen ternyata punya kisah yang manis bersama Pukki.

Timnas Finlandia

© Twitter @Betfred
Teemu Pukki, penyerang Norwich City Copyright: Twitter @BetfredTeemu Pukki, penyerang Norwich City

Markkanen dan Pukki diketahui pernah saling bahu membahu membela Timnas Finlandia. Kerja sama keduanya dimulai pada laga uji coba internasional kontra Lithuania, 30 Mei 2014 lalu.

Kala itu, Markkanen untuk pertama kalinya mendapat kesempatan membela Timnas Finlandia. Sementara Pukki yang sudah lebih dulu jadi langganan Timnas Finlandia, mencatatkan penampilan yang ke-31.

Pukki tampil sejak menit awal dan ditarik keluar pada awal babak kedua. Lalu Markkanen, baru turun merumput saat laga memasuki menit ke-46.

Sayangnya, kerja sama perdana Markkanen dan Pukki untuk Timnas Finlandia tak berjalan mulus. Pada akhir laga, Finlandia harus menerima papan skor menunjukkan angka 0-1 untuk kemenangan Lithuania.

Kata pertama akan selalu disertai dengan terakhir. Begitu pula dalam kerja sama Markkanen dan Pukki di Timnas Finlandia yang terakhir kali tercipta pada laga UEFA Nations League C, 12 Oktober 2018 lalu.

Bertandang ke markas Estonia, Pukki dan Markkanen masuk dalam jajaran skuat Timnas Finlandia. Ceritanya masih sama, Pukki turun sejak menit awal, dan Markkanen duduk di bangku cadangan.

Pukki yang bermain penuh, mampu mencetak gol kemenangan untuk Finlandia pada menit ke-90+1. Sementara Markkanen, baru dimainkan pada menit ke-87, dan berduet dengan Pukki di lini depan.

Kisah itu pun menjadi kali terakhir Markkanen dan Pukki bisa merumput di lapangan yang sama untuk Timnas Finlandia. Keduanya kini terpisah jarak yang sangat jauh, dan mungkin juga capaian karier yang kontras pula.

Meski begitu, Markkanen sama sekali tak melupakan kebersamaannya dengan Pukki. Buktinya, saat Pukki semalam mencetak gol ke gawang Newcastle United, Markkanen turut menyaksikannya lewat layar kaca.

© https://www.instagram.com/eeromark/
Instagram Eero Markkanen yang menunjukkan kedekatan dengan Teemu Pukki. Copyright: https://www.instagram.com/eeromark/Instagram Eero Markkanen yang menunjukkan kedekatan dengan Teemu Pukki.