Liga Indonesia

Terkuak! Choirul Huda Ternyata Jadi Pelatih Persis Solo Sebelum Derbi Mataram

Senin, 19 Agustus 2019 09:22 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Yohanes Ishak
© Media PSM
Pelatih Persis Solo, Choirul Huda Copyright: © Media PSM
Pelatih Persis Solo, Choirul Huda

INDOSPORT.COM- Derbi Mataram antara Persis Solo versus PSIM Yogyakarta dimenangkan tuan rumah, 2-1, Jumat (16/08/19) kemarin.

Namun, ada fakta menarik dibalik kemenangan tim Laskar Sambernyawa yang sekaligus menasbihkan diri sebagai juara paruh musim Grup Timur di Liga 2 Indonesia.

Adalah sosok Choirul Huda yang ternyata sudah resmi menyandang status sebagai pelatih kepala. Selama ini, Cak Irul memang masih menjadi karteker.

"Benar, sebelum laga melawan PSIM memang Choirul Huda sudah menjadi pelatih kepala. Sudah diputuskan manajemen dan direksi sejak 13 Agustus malahan," kata manajer Persis, Langgeng Jatmiko.

Langgeng memaparkan, sejatinya mantan asisten pelatih Perseru Serui itu akan naik pangkat usai laga melawan PSIM. Hanya saja, status Agus Yuwono yang sudah menerima pinangan Madura FC sebagai pelatih membuat keputusan menetapkan Cak Irul sebagai juru taktik kepala dipercepat.

"Memang ancang-ancangnya setelah Derbi Mataram. Itu juga atas permintaan beliau sendiri," ujar Langgeng.

"Namun karena posisi pelatih kepala Persis di PT Liga Indonesia Baru sudah kosong, makanya kami tetapkan sekalian. Pertimbangan jelas karena prestasi selama dipegang Cak Irul," tegas CEO Pasoepati Football Academy (PFA) tersebut.

Performa Persis Solo memang meningkat sejak diracik Choirul Huda. Persis meraih lima kemenangan dan sekali seri plus menduduki posisi puncak di klasemen sementara Liga 2 Grup Timur dengan torehan 19 poin.