In-depth

Profil Klub Serie A Italia 2019/20: AC Milan, Meniti Kejayaan dari 4 Besar

Selasa, 20 Agustus 2019 15:31 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil Tim AC Milan. Foto: Emilio Andreoli/Getty Images Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil Tim AC Milan. Foto: Emilio Andreoli/Getty Images

INDOSPORT.COM - Serie A Italia musim 2019/20 tinggal menghitung hari. AC Milan sebagai salah satu klub tersukses di Italia pun menyiapkan diri jelang musim baru. 

AC Milan melakuan banyak perubahan besar di awal musim ini. Kegagalan tembus kompetisi Liga Champions Eropa pada klasemen musim lalu menjadi cambukan keras bagi Rossoneri. Perubahan pun terjadi mulai dari jajaran manajemen, pelatih, hingga pemain. 

Menyambut musim 2019/20 AC MIlan melakukan perombakan pada jajaran direksi dengan memasukkan nama Zvonimir Boban sebagai CFO.

Boban menemani Paolo Maldini yang sebelumya telah bergabung. Namun, kali ini tugas Maldini bergeser menjadi Direktur Teknik menggantikan Leonardo yang memilih kembali ke PSG. 

Di kursi kepelatihan, AC Milan resmi menunjuk Marco Giampaolo menggantikan Gennaro Gattuso yang memilih mengundurkan diri. 

Seiring dengan penunjukkan Giampaolo sejumlah pemain pun telah didatangkan Milan. Mereka adalah Ismael Bennacer, Leo Duarte, Theo Hernandez, Rafael Leao, dan Rade Krunic. 

Dalam waktu dekat, Milan juga diekspektasikan bakal kedatangan 1-2 pemain baru lagi

Milan memang mengerem belanja pemain di musim panas ini lantaran masih terbelit sanksi Financial Fair Play. Kondisi ini secara signifikan mempengaruhi target mereka di musim mendatang. 

Zona Liga Champions

Dengan skuat serta daya beli yang dimiliki Milan saat ini, zona Liga Champions pun menjadi target realistis. Milan memang sudah lama menginginkan kembali bermain di Liga Champions. 

Selain karena memang habitat utama mereka, Liga Champions juga bisa memberikan keuntungan-keuntungan finansial. 

Jika menilik peta persaingan kali ini, maka target tersebut sejatinya tidaklah muluk-muluk. Dua tim teratas diprediksi masih jadi milik Juventus dan Napoli.
 
Milan bisa merebut posisi keempat atau bahkan ketiga dengan bersaing bersama Inter Milan, AS Roma, Atalanta, dan Lazio. 

Direktur Teknik AC Milan, Paolo Maldini, sebelumnya telah menegaskan bahwa timnya tak menargetkan juara Serie A. Milan saat ini cukup untuk bisa kompetitif dan mencapai target yang lebih baik dari musim lalu. 

"Memilih Zvone (Boban) dan Ricky Massara sebagai direktur karena tujuan kami adalah untuk menjadi kompetitif lagi secepat mungkin. Kami memilih Giampaolo bersama-sama dengan klub dan direktur," ujar Paolo Maldini dikutip dari Football Italia.

"Kobaran semangat kami luar biasa dan kami hanya harus membuatnya lebih terang lagi. Tujuan kami (saat ini) bukan juara, tapi menjadi lebih baik dari musim lalu dan kembali ke puncak secepat mungkin," tambahnya. 

Milan sendiri pada musim lalu finis di posisi lima klasemen. Milan hampir saja lolos ke Liga Champions. 

I Rossoneri hanya berselisih satu poin dari Atalanta yang akhirnya mendapat jatah terakhir di posisi keempat.