In-depth

Profil Klub Serie A Italia 2019/20: Brescia, Saatnya Membangunkan Macan Tidur

Selasa, 20 Agustus 2019 08:43 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil Tim Brescia Calcio Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil Tim Brescia Calcio

INDOSPORT.COM – Berikut profil klub Serie A Italia untuk musim 2019/20 yaitu Brescia, macan yang tengah tertidur tapi kini sedang coba dibangunkan.

Berstatus sebagai juara Serie B musim lalu, Brescia berhak promosi ke Serie A Italia untuk musim 2019/20. Bagi segelintir orang, mungkin nama Brescia terasa asingajar karena tim ini memang sudah lama tertidur.

Bagaikan macan yang tidur terlelap, Brescia sudah absen di Serie A Italia sejak 2010/11. Tapi kini ada suatu usaha dari seluruh elemen tim untuk membangunkan sang macan tidur yang sudah terlihat dengan keberhasilan Brescia promosi musim ini.

Brescia memang tidak setenar Juventus, AC Milan atau Inter Milan, tapi mereka pernah menjadi tim penuh kejutan yang sering merepotkan tim lain pada akhir 1990-an hingga awal 2000-an, prestasi jadi runner up Piala Intertoto 2001 merupakan pencapaian terbaiknya.

Alasan mengapa Brescia sempat menjadi seekor macan yang sangat menyulitkan adalah karena mereka kerap diperkuat para bintang sepak bola dunia. Mulai dari Andrea Pirlo, Pep Guardiola, Luca Toni, hingga Roberto Baggio.

Meski sudah tidak diperkuat para bintang lawas itu, Brescia tetap tidak kehilangan kekuatannya karena kini mereka sudah memiliki sejumlah pemain muda berbakat. Sebut saja Sandro Tonali yang sampai-sampai disebut sebagai titisan Andrea Pirlo.

© Daily Active Kenya
Sandro Tonali, gelandang Brescia. Copyright: Daily Active KenyaSandro Tonali, gelandang Brescia.

Apalagi, mereka baru saja merekrut Mario Balloteli yang merupakan pahlawan Timnas Italia di Piala Eropa 2012 lalu. Banyak orang menganggap kalau karier Balotelli sudah habis, tapi dengan keputusan pindah ke Brescia yang merupakan tempatnya tumbuh dan berkembang pas masih kecil.

Boleh jadi Balotelli akan terlahir kembali menjadi sosok penyerang yang mematikan bagi Brescia. Keberhasilan merekrut Balotelli menjadi bukti kalau Brescia benar-benar serius ingin membangun lagi kekuatannya meski itu perlu kerja keras.

"Tujuan kami adalah untuk terus meningkatkan kemampuan satu sama lain dan menghadapi tantangan baru dengan kesungguhan dan kerja keras,” tutur presiden Brescia, Massimo Cellino dalam situs resmi klub.

Dan kerja keras Brescia akan langsung diuji di ajang Serie A Italia pada akhir pekan ini di mana mereka akan bertandang ke markas Cagliari. Melihat kesungguhan dan kerja keras Brescia, sebenarnya sekuat apa tim promosi Serie A musim 2019/20?