In-depth

Kiprah Pemain Jepang di Indonesia, Lebih Banyak Sukses atau Gagal?

Kamis, 22 Agustus 2019 19:30 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Media PSIS
Shohei Matsunaga saat diperkenalkan oleh PSIS Semarang untuk Liga 1 2019. (Foto: Media PSIS) Copyright: © Media PSIS
Shohei Matsunaga saat diperkenalkan oleh PSIS Semarang untuk Liga 1 2019. (Foto: Media PSIS)

INDOSPORT.COM - Pemain asal Jepang secara konsisten hadir di sepak bola Indonesia. Bagaimana kiprah pemain asal Jepang di Liga Indonesia? 

Bursa transfer paruh musim Liga 1 2019 telah resmi dibuka. Sejumlah klub mulai melepas pemain dan merekrut pemain baru. 

Pemain-pemain asing asal Jepang kembali menjadi pilihan sejumlah klub di bursa transfer paruh musim ini. Salah satunya adalah Barito Putera yang memperkenalkan Kosuke Yamazaki Uchida. 

Selain Barito Putera, Arema FC juga dikabarkan tertarik dengan pemain asing asal Jepang. Nama Ryutaro Karube, Takafumi Akahoshi, dan Ryotaro Nakano dikaitkan dengan Arema FC pada bursa transfer kali ini untuk menggantikan Pavel Smolyachenko. 

Entah klub-klub Liga 1 terinspirasi dari Barcelona dan Real Madrid yang juga merekrut pemain asal Jepang, atau pemain asal Jepang dianggap cocok dengan kebutuhan tim dan bisa cepat beradaptasi dengan sepak bola Indonesia. 

Gelombang Masuknya Pemain Jepang

Sejatinya, pemain Jepang sudah cukup lama menghiasi kompetisi sepak bola di Indonesia, meski belum diketahui secara pasti siapa pemain Jepang pertama yang bermain di Indonesia. 

Setidaknya dalam 7 musim terakhir, selalu ada klub di kasta teratas yang menggunakan jasa pemain asal Jepang. Pada Liga Super Indonesia 2011/12 contohnya ada nama Kenji Adachihara, Shohei Matsunaga, Yuichi Shibakoya, hingga Tomoyuki Sakai. 

Semusim berselang, Kenji Adachihara dan Shohei Matsunaga masih bertahan meskipun berpindah ke klub lain. Musim 2014, pemain Jepang kembali bertambah dengan hadirnya Atsushi Yonezawa yang bermain untuk Persiba Bantul. 

Saat format kompetisi berubah menjadi Liga 1 tahun 2017, regulasi pemain asing asal Asia masih dipertahankan dan membawa angin segar bagi pemain-pemain asal Jepang. 

Kunihiro Yamashita, Yusuke Kato, Kosuke Uchida, Ryutaro Karube, hingga Masahito Noto menjadi legiun asing asal Jepang selain Shohei Matsunaga di Liga 1 2017. 

Tetapi pada Liga 1 2018, hanya 2 pemain asal Jepang yang masih bertahan, yaitu Kunihiro Yamashita dan Shohei Matsunaga.

Yang Tersisa Saat Ini

Meski jumlahnya tak sebanyak dulu lagi, pemain-pemain asal Jepang masih konsisten mewarnai kompetisi Liga 1 di musim 2019 ini. 

Jelang paruh musim Liga 1 2019, 3 pemain asing asal Jepang masih bertahan di tengah ketatnya persaingan di Liga 1 2019. 

Kunihiro Yamashita

Liga 1 2019 menjadi musim ke-3 Kunihiro Yamashita bermain di Indonesia. Kunihiro Yamashita memulai karier di Liga 1 bersama Borneo FC di tahun 2017. 

Pada Liga 1 2018, Kunihiro Yamashita pindah ke Perseru Serui. Kunihiro Yamashita pun memutuskan untuk bertahan dengan Perseru yang sudah berganti nama menjadi Perseru Badak Lampung FC. 

Kei Hirose

Setelah menimba ilmu dan bermain di Jerman dan Malta, Kei Hirose mencoba peruntungan di Indonesia pada musim 2019. 

Kei Hirose menjadi bagian dari Persela Lamongan di Liga 1 2019. Kei Hirose sudah bermain dalam 14 laga bersama Persela Lamongan dan memberikan 4 assist sejauh ini. 

Shohei Matsunaga

Shohei Matsunaga sudah berkarier di sepak bola Indonesia sejak tahun 2011. Setidaknya sudah ada 6 tim yang ia bela selama ini. 

Mulai dari Persib Bandung, Persiba Balikpapan, Gresik United, Persela Lamongan, PSMS Medan, hingga PSIS Semarang. 

Shohei Matsunaga bisa dibilang adalah pemain asal Jepang terlama yang pernah bermain di Indonesia. Bahkan, Shohei Matsunaga jatuh cinta dengan Indonesia. 

Shohei Matsunaga juga sudah mengajukan proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Sukses atau Gagal?

Meski selalu ada pemain asal Jepang di Liga Indonesia dalam sewindu terakhir, tetapi dari segi prestasi pemain asal Jepang tak terlalu bagus. 

Prestasi pemain asal Jepang masih kalah jika dibandingkan dengan pemain asal Korea Selatan. Saat Sriwijaya FC juara pada musim 2011/12, Sriwijaya punya Lim Joon-Sik. 

Saat Persipura Jayapura juara pada tahun 2013, Persipura juga punya Yoo Jae-Hoon. Lee Yoo-joon menjadi bagian dari Bhayangkara FC saat juara Liga 1 2017. 

Sejak era Liga Super Indonesia hingga Liga 1 2018, belum ada satu pun pemain asal Jepang yang menjadi juara bersama klub di Indonesia. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%