In-depth

Duel Per Lini Super Big Match Liga Inggris 2019/20: Liverpool vs Arsenal

Sabtu, 24 Agustus 2019 10:15 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kombinasi starting XI Liverpool vs Arsenal. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kombinasi starting XI Liverpool vs Arsenal.

INDOSPORT.COM - Laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-3 akan menyajikan partai seru, antara dua tim papan atas yaitu Liverpool vs Arsenal di Stadion Anfield pada Sabtu (24/08/19) pukul 23:30 WIB.

Laga bertajuk Super Big Match itu merupakan pertemuan ke-193 bagi kedua tim. Dari catatan tersebut, Liverpool jumlah kemenangan dengan mengantungi 71 kali menang, sedangkan Arsenal 68 kali menang. 53 laga sisanya berakhir imbang.

Selain itu, faktor lain yang membuat Liverpool berada di atas angin saat menjamu Arsenal adalah, mareka belum terkalahkan sejak tahun 2014 ketika menghadapi The Gunners di lima pertemuan terakhir di Anfield.

Kendati demikian, bukan berarti Arsenal bisa dikalahkan dengan mudah. Sebab, tim besutan Unai Emery itu saat ini tengah dalam performa yang cukup menjanjikan.

Mereka berhasil menyapu bersih dua laga awal Liga Inggris musim 2019/20 ini dengan kemenangan, melawan Newcastle United (1-0) dan Burnley (2-1).

Hasil tersebut, membuat mereka menempel ketat Liverpool yang berada di puncak klasemen, dengan menempati urutan kedua dengan koleksi 6 poin. Hanya saja, Arsenal kalah selisih gol dari The Reds.

Sebelum menyaksikan pertandingan Liverpool vs Arsenal, berikut INDOSPORT sajikan duel lini per lini yang akan menjadi kekuatan dan kunci permainan keduanya:

Kiper:

Adrian (Liverpool) vs Bernd Leno (Arsenal)

Arsenal masih akan mengandalkan Bern Leno di bawah mistar gawang mereka musim ini. Kiper asal Jerman itu menggantikan posisi Petr Cech yang pensiun akhir musim lalu.

Didatangkan sejak musim panas 2018 lalu, Leno telah dimainkan sebanyak 38 pertandingan, dan menciptakan 10 kali cleansheet serta kebobolan 46 gol.

Jumlah tersebut sejatinya lebih baik, daripada kiper Liverpool musim lalu yang hanya menjadi cadangan mati di West Ham tanpa sekalipun diturunkan oleh pelatih Manuel Pellegrini.

Bek:

Virgil van Dijk (Liverpool) vs Sokratis (Arsenal)

Liverpool dan Arsenal masing-masing mempunyai dua bek tangguh di lini belakang, dalam diri Virgil van Dijk dan Sokratis. Namun jika melihat dari head to head, Van Dijk lebih diunggulkan.

Pemain asal Belanda itu mempunya statistik yang cukup gemilang musim lalu di Liga Inggris, dengan 20 kali membantu tim meraih cleansheet, 74% tekel sukses, 40 kali intercept, 8 kali memblok tendangan ke arah gawang, 199 kali sapuan.

Catatan tersebut membuat gawang Alisson Becker sangat aman dari gempuran penyerang lawan di Liga Inggris musim lalu. Alhasil, mereka hanya mencatatkan satu kali kekalahan.

Sementara Soktratis, hanya bisa membatu timnya meraih 5 kali cleansheet. Hanya menciptakan 60% tekel sukses, dan melakukan 108 sapuan, serta 2 kali melakukan blok tendangan.

Tengah:

James Milner (Liverpool) vs Dani Ceballos (Arsenal)

James Milner tak tergantikan di lini tengah Liverpool musim lalu. Ia merupakan salah satu pemain kunci The Reds, dalam menjuarai Liga Champions 2018/19, dan membawa timnya bersaing ketat dengan Man City dalam berburu gelar Liga Inggris musim lalu.

Pemain berusia 33 tahun itu pandai mengatur ritme permainan, dan mematahkan serangan lawan di sepertiga lapangan. 7 assist dan 7 gol musim lalu dari 45 pertandingan, membuktikan ia adalah bagian penting dalam taktik Jurgen Klopp.

Sementara di lini tengah Arsenal, Dani Ceballos yang baru dipinjam dari Real Madrid akan menjadi pemain penting The Gunners musim ini.

Ia telah dimainkan dalam dua laga awal musim ini, dan menunjukan permainan yang apik dalam mengatur tempo permainan dan menciptakan ruang.

Dua assist dari dua laga bersama Arsenal, adalah buktinya ia merupakan pemain penting dan bisa menggantikan peran Mesut Ozil sebagai playmaker.

Depan:

Sadio Mane (Liverpool) vs Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal)

Sadio Mane masih akan menjadi pemain andalan Liverpool, saat melawan Arsenal untuk meraih kemenangan, karena pemain asal Senegal itu mempunyai ketajaman dan kelincahan yang patut diwaspadai oleh barisan belakang The Gunners.

Bahkan, jumlah gol Mane jauh lebih baik dari dua tandemnya di lini depan. Di 2019, dirinya sudah mencetak 20 gol untuk Liverpool. Jumlah ini lebih banyak ketimbang gol Mohamed Salah dan Roberto Firmino yang mencetak 12 gol dan 8 gol.

Sosok bomber tajam juga tidak hanya dimiliki Liverpool. Di Arsenal, mereka juga punya striker menakutkan dalam diri Pierre-Emerick Aubameyang.

Torehan dua gol dari dua laga awal Liga Inggris musim ini, adalah buktinya. Catatan tersebut sudah cukup membuat Virgil van Dijk dan kolega mewaspadai setiap pergerakan pemain asal Gabon itu.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kombinasi starting XI Liverpool vs Arsenal. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTKombinasi starting XI Liverpool vs Arsenal.
IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%