Liga Champions

5 Rahasia Terungkap Usai Drawing Fase Grup Liga Champions 2019/20

Jumat, 30 Agustus 2019 06:09 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Drawing fase grup Liga Champions musim 2019/20 baru saja usai dilakukan di Monako, pada Kamis (29/08/19) malam WIB oleh federasi sepak bola Eropa, UEFA.

Sejumlah laga seru dipastikan akan tersaji di babak penyisihan, lantaran banyak nama-nama besar yang tergabung dengan beberapa klub ternama bertabur bintang.

Bahkan, ada juga yang harus masuk dalam grup neraka, yaitu di grup F yang dihuni oleh Barcelona, Borussia Dortmund, Inter Milan, dan tim pelengkap Slavia Praha.

Di grup A, dua tim kaya akan saling sikut untuk memperebutkan tiket lolos ke fase gugur, yakni Paris Saint-Germain dan Real Madrid bersama dua tim lainnya, Club Brugge dan Galatasaray.

Di Grup B, juara Jerman, Bayern Muenchen akan ditantang wakil Inggris yang juga runner-up musim lalu, Tottenham Hotspur.

Sementara di grup C, dihuni oleh kampiun Liga Inggris musim lalu, Manchester City, Atalanta, Dinamo Zagreb dan Shakhtar Donets.

Jawara Liga Champions musim 2018/19 lalu, Liverpool masuk ke dalam grup E bersama Napoli, Genk dan RB Salzburg. Bisa dibilang ini merupakan grup yang relatif mudah.

Untuk dua grup lainnya G dan H, masing-masing diisi oleh Benfica, Lyon, RB Leipzig, Zenit St Petersburg (grup G), dan Ajax Amsterdam, Chelsea, Lille, Valencia (grup H).

Usai melakukan pengundian, UEFA langsung mengumumkan beberapa pemenang penghargaa seperti pemain terbaik Eropa, striker terbaik di Liga Champions, kiper terbaik, gelandang terbaik, hingga bek terbaik.

Pemain terbaik Eropa dan bek terbaik jatuh kepelukan Virgil van Dijk, striker terbaik milik Lionel Messi, gelandang terbaik diberikan kepada Frenkie De Jong, dan kiper terbaik direbut oleh Alisson Becker.

Pengumuman drawing dan gelar individu ini juga melahirkan beberapa catatan bersejarah, dan fakta menarik. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Gelar Pertama Orang Belanda

Keberhasilan Virgil van Dijk merebut gelar pemain terbaik Eropa pria, menjadikannya sebuah sejarah, dimana ia adalah orang pertama asal Belanda yang memenangkan trofi tersebut.

2. Lawan Kroasia Pertama

Dinamo Zagreb merupakan klub asal Kroasia pertama yang akan dihadapi oleh Manchester City di kompetisi Eropa dalam sejarah mereka.

3. Tuah Valencia

Ini merupakan kali ketiga Chelsea akan kembali satu grup dengan Valencia selama babak penyisihan grup. Dari dua kesempatan terakhir, The Blues selalu berhasil melaju hingga partai final yakni di musim 2007/08 dan 2011/12.

4. Lawan Inggris Pertama

Ajax Amsterdam akan menghadapi Chelsea dalam kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

5. Spurs Pertama Kali

Tottenham Hotspur terakhir kali bertemu Bayern Munich pada babak penyisihan grup, terjadi di Piala UEFA musim 1983-84, menjatuhkan mereka 2-1 secara agregat dalam perjalanan untuk memenangkan trofi.