Liga Indonesia

Terganjal ITC, Arema FC Belum Pastikan Debut Pemain Asing Barunya

Jumat, 30 Agustus 2019 15:03 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© IAN SETIAWAN/INDOSPORT
Pemain baru Arema FC asal Jepang, Takafumi Akahoshi. Copyright: © IAN SETIAWAN/INDOSPORT
Pemain baru Arema FC asal Jepang, Takafumi Akahoshi.

INDOSPORT.COM - Pengesahan pemain baru Arema FC asal Jepang, Takafumi Akahoshi, tampaknya turun hingga detik-detik akhir jelang laga Arema FC kontra PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (31/08/19) besok.

Satu-satunya pengganjal adalah perihal ITC alias lnternational Transfer Certificate. Seperti diketahui, ITC menjadi berkas penting yang harus didapatkan setiap pemain asing untuk mewujudkan transfernya.

"Ya tinggal itu. Kami masih menunggu respon dari pihak sana (baik Foolad FC maupun Federasi Sepak Bola Iran atau FFIRI)," sekretaris tim Arema FC, Rahmat Taufik Hentihu, memaparkan.

Pihaknya juga melanjutkan, bahwa semua berkas yang menjadi kewajiban Arema FC sudah lengkap. Hanya memang, tim Singo Edan belum bisa mendaftarkan pemain asing barunya itu ke TMS (Transfer Macthing System).

"Setelah ITC turun, maka bisa didaftarkan melalui TMS. Dan jika sudah clear, maka bisa dipastikan Takafumi Akahashi bisa turun melawan PSIS," ungkap dia.

"Sedangkan kelengkapan berkas antara klub dengan PSSI, sudah clear semua. Seperti KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) hingga salinan kontrak maupun hasil tes medis," tandas pria kelahiran Tulehu, Maluku tersebut.

Situasi ini pun membuat Arema FC menunggu progres baik dari pihak Foolad FC, klub lama Takafumi maupun FFIRI. Sehingga, turunnya Taka akan menjadi kejutan besar bagi Aremania, yang sudah kadung penasaran melihat idolanya barunya itu berlaga langsung di Kanjuruhan.