Liga Indonesia

Terkuak! Ini Alasan Pelatih Panggil Saddil dan Banyak Pemain Naturalisasi ke Timnas

Minggu, 1 September 2019 17:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Ada sejumlah alasan kuat mengapa pelatih Simon McMenemy memanggil Saddil Ramdani dan banyak pemain naturalisasi untuk berseragam Timnas Indonesia senior jelang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Jelang pertemuan dengan Timnas Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (05/09/19) mendatang, Simon lagi-lagi melakukan perombakan materi pemain.

Salah satu perombakan yang dilakukan adalah menukar Greg Nwokolo yang terbelit cedera, digantikan oleh Saddil Ramdani yang telah menunaikan tugasnya membela Pahang FA.

Berstatus sebagai pemain asing di Liga Malaysia, Saddil Ramdani menjadi perhatian khusus Simon yang bahkan datang langsung ke Malaysia untuk menyaksikan permainannya di klub, hingga dirasa layak untuk bergabung dengan Timnas Indonesia senior.

“Ya begitu, sama seperti Irfan Bachdim yang pernah main di Thailand dua tahun dan Jepang, ini tentang pengalaman yang bisa dimanfaatkan,” ungkap Simon McMenemy.

Saddil diplot untuk menggantikan posisi striker naturalisasi Greg Nwokolo. Timnas Indonesia memang diperkuat cukup banyak pemain naturalisasi, sebut saja Victor Igbonefo, Stefano Lilipaly, Beto Goncalves, Osas Saha, dan sebelumnya juga ada Otavio Dutra.

Rupanya ada alasan khusus mengapa Simon memanggil cukup banyak pemain naturalisasi ke Timnas. Pelatih asal Inggris itu tak sepenuhnya mengandalkan pemain berdarah luar, dan punya keinginan untuk menonjolkan pemain lokal Indonesia di Timnas.

“Saat ini ada banyak pemain naturalisasi, belum tentu mereka akan jadi starter lawan Malaysia. Pemain berpengalaman bisa membagikan pengalaman mereka saat latihan. Mereka bisa dilihat bagaimana di hotel, bagaimana makan, dan bagaimana mereka menyiapkan laga, semua aspek profesionalisme itu.”

“Jadi, tim ini seperti punya pelatih tambahan. Itulah kenapa pemain naturalisasi saya panggil, mereka bisa bagi pengalaman itu,” tukasnya.

Perlu diketahui jika laga Timnas Indonesia vs Malaysia akan dilangsungkan di SUGBK pada Kamis (05/09/19). Selanjutnya Saddil Ramdani dan kawan-kawan kembali akan menjamu Timnas Thailand pada Selasa (10/09/19) mendatang.