Bola Internasional

La'Vere Corbin-Ong, Pemain Naturalisasi Malaysia yang Pernah Main untuk Timnas Kanada

Selasa, 3 September 2019 17:25 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© semuanyabola
LaVere Corbin-Ong, pemain naturalisasi di Timnas Malaysia (no7). Copyright: © semuanyabola
LaVere Corbin-Ong, pemain naturalisasi di Timnas Malaysia (no7).

INDOSPORT.COM - Ada fakta menarik tentang salah satu pemain naturalisasi Malaysia, La'Vere Corbing-Ong yang masuk skuat untuk menghadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (05/09/19) mendatang.

Pertandingan ini tentunya akan menyajikan perlawanan yang sengit dari kedua tim. Di mana Timnas Indonesia sudah menunggu di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, sementara Malaysia datang dari putaran pertama.

Malaysia baru saja menyingkirkan Timor Leste dengan skor telak 12-2 dalam dua leg di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juli 2019 lalu.

Yang menarik adalah terdapat satu pemain dari skuat Malaysia bernama La'Vere Corbin-Ong. Bahkan dia telah bermain untuk Malaysia sejak Februari 2019 lalu saat pertandingan persahabatan menghadapi Nepal.

bek kanan kelahiran Inggris itu akan mengawal sisi kiri pertahanan Malaysia di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti.

Pemain yang memiliki ayah berasal dari Bajan dan ibu dari Malaysia ini sebenarnya sempat bermain untuk Timnas Kanada pada tahun 2017 lalu.

Namun dia akhirnya memilih Timnas Malaysia yang baru saja memainkan debutnya pada tanggal 2 Juni 2019 di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu, Malaysia menang 7-1 atas Timor Leste.

Menarik diketahui bahwa Corbin-Ong memang benar pernah bermain untuk Timnas Kanada dan bahkan pertandingan debutnya di kancah internasional merupakan laga bertajuk FIFA Match Day.

Terjadi pada tanggal 23 Maret 2017 lalu di Stadion Easter Road, Edinburgh, Kanada berhasil menahan imbang 1-1 Skotlandia. Corbin-Ong masuk pada menit 68 saat kedudukan sudah imbang 1-1.

Jika dilihat surat rilis resmi FIFA soal pertandingan-pertandingan yang bertajuk FIFA Match Day, tanggal di mana Corbing-Ong bermain untuk Timnas Kanada itu memang laga resmi di bawah naungan FIFA.

Tapi entah kenapa dua tahun berselang, sang pemain naturalisasi menjadi warga negara Malaysia dan bisa memainkan debutnya untuk Timnas Malaysia pada Februari 2019 lalu. 

Bahkan dia juga mencetak gol dalam leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 di putaran pertama, saat pesta gol atas Timor Leste. Kini, dia kembali masuk skuat Malaysia yang akan menghadapi Timnas Indonesia.

Selain Corbin-Ong, Timnas Malaysia juga membawa beberapa pemain naturalisasi dalam skuatnya menghadapi Timnas Indonesia. Total ada empat pemain selain Corbin-Ong, yaitu Matthew Davies, Brendan Gan dan Dominic Tan Jun.