Liga Indonesia

Bedah Kekuatan dan Kelemahan Bojan Malisic yang Masih Ingin di Liga 1 2019

Rabu, 4 September 2019 17:37 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bojan Malisic ‎merayakan golnya ke gawang Arema FC. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bojan Malisic ‎merayakan golnya ke gawang Arema FC.

INDOSPORT.COM – Mantan pemain Persib Bandung, Bojan Malisic telah memberikan sinyal bakal memperkuat klub Liga 1 2019 lainnya. Itu dibenarkan langsung oleh sang pemain beberapa waktu lalu.

Pemain bertahan asal Serbia tersebut mengaku hanya ingin berkarier di Indonesia. Itu tak terlepas dari terbiasanya Malisic terhadap kultur sepak bola dan lingkungan Indonesia.

“Saya sudah beradaptasi di sini dan telah mengenal baik rekan setim maupun tim lawan. Mungkin saja, Desember nanti saya punya rencana lain. Tetapi, untuk saat ini, saya akan melanjutkan karier di sini (Indonesia),” ucap Malisic dilansir dari situs Viking Persib.

Keinginannya terus melanjutkan karier di persepakbolaan Indonesia nyatanya masih bisa terwujud. Meski usianya sudah menginjak 34 tahun, kualitas Malisic terbilang masih cukup baik untuk klub-klub Liga 1.

Karena Malisic masih memiliki kekuatan dalam menjaga lini pertahanan tim. Pada kompetisi Liga 1 2019 ini saja, penampilan Malisic tidak terlalu buruk-buruk amat. Sayangnya, Persib memang butuh penyegaran di skuatnya hingga akhirnya membuat Malisic dilepas.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Malisic adalah mampu memberikan kontribusi saat lini depan tim kebingungan mencari gol. Menariknya, gol-gol Malisic bersama Persib selalu bisa menyelamatkan Maung Bandung dari kekalahan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bojan Malisic berusaha membiarkan bola di kemelut gawang Persib Bandung. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBojan Malisic berusaha membiarkan bola di kemelut gawang Persib Bandung.

Salah satu yang paling berkesan adalah di pekan ke-23 Liga 1 2018 saat Persib menang dramatis 3-2 atas Persija Jakarta. Dirinya mampu mencetak gol di penghujung pertandingan lewat tandukkannya sehingga membuat Persija tumbang.

Selain lawan Persija, Malisic juga mampu mencetak gol ke gawang Arema FC pada Liga 1 2018 lalu. Persib pun akhirnya menyelesaikan kemenangan dengan skor 2-0.

Terakhir, Malisic sukses mencetak satu gol ke gawang Tira-Persikabo di pekan ke-2 Liga 1 2019. Pada pertandintgan tersebut Persib Bandung hanya mampu bermain imbang 1-1.

Malisic pun terhitung telah mengumpulkan 3 gol dan 2 assist selama memperkuat Persib di kompetisi Liga 1. Catatan tersebut nyatanya cukup baik untuk soerang pemain yang beroperasi sebagai bek tengah.

Meski kerap membantu produktivitas tim, Malisic juga tetap kokoh saat membela pertahanan Persib. Karena Malisic merupakan seorang pemain bertahan yang memiliki karakter petarung. Dirinya berani mengambil keputusan saat berhadapan dengan lawan.

Hebatnya, ia hanya mengoleksi kartu kuning sebanyak 5 kali dan tidak mendapatkan kartu merah di sepanjang Liga 1 2018 lalu. Jumlah itu tentunya terbilang sedikit untuk pemain bertahan yang memiliki karakter petarung ini.

Akan tetapi, pada Liga 1 2019 ini Malisic sudah mengoleksi 4 kartu kuning dan 1 kartu merah (tidak langsung) dari 14 pertandingan di Liga 1 2019. Malisic sepertinya tidak lagi bermain disiplin seperti pada musim lalu.

Kelemahan Bojan Malisic

© Arif Rahman/INDOSPORT
Wasit memberikan kartu merah kepada bek Persib Bandung, Bojan Malisic setelah mendapat kartu kuning kedua, saat menghadapi Kalteng Putra di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16-07-19) kemarin Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTWasit memberikan kartu merah kepada bek Persib Bandung, Bojan Malisic setelah mendapat kartu kuning kedua, saat menghadapi Kalteng Putra di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16-07-19) kemarin

Bertambahnya ganjaran kartu yang didapatkan Malisic pada Liga 1 2019 bisa menjadi titik kelamahan sang pemain. Karena dirinya tidak bisa menjaga kedisiplinannya di atas lapangan, yang bisa saja merugikan tim.

Selain itu, Malisic juga mulai tidak konsenterasi saat menjalani beberapa pertandingan di Liga 1 2019. Kesalahan fatalnya terjadi ketika dirinya melakukan blunder yang berujung kerugian bagi Persib saat menghadapi Bali United di pekan ke-11 Liga 1 2019.

Malisic gagal mengontrol bola dengan baik saat tengah menguasai si kulit bundar, hingga akhirnya sang lawan mampu mengambil alih permainan. Saat kehilangan bola, Malisic pun tidak memiliki kecepatan yang cukup untuk mengejar sang lawan.

Alhasil, Stefano Lilipaly mampu mencetak gol dan membuka keunggulan untuk Bali United. Pada gol kedua, Malisic juga kembali gagal menutup pergerakan Ilija Spasojevic di dalam kotak penalti.

Malisic sepertinya salah mengantisipasi pergerakan Spasojevic yang mendapatkan umpan dari sisi kiri lapangan. Karena dirinya justru menempel striker Bali United itu dari sisi kanan, sehingga sang lawan dapat dengan bebas menyambut bola dari kiri.

Sekedar informasi, Persib pun akhirnya menelan kekalahan 0-2 atas pemuncak klasemen sementara Liga 1 2019 ini. Memang bukan ide yang baik jika hanya menyalahkan Malisic seorang atas kekalahan ini, akan tetapi perannya di lini belakang harus dipertanyakan.

Sepanjang Liga 1 2019 ini, Malisic juga sering tertangkap kamera meninggalkan penyerang lawan di area pertahanan Persib. Dengan kata lain, ia terkadang tak melakukan penjagaan ketat terhadap pemain depan lawan.