Liga Inggris

Hanya Mampu Raih Juara Europa, Emery Sempat Disindir Sir Alex Ferguson

Rabu, 4 September 2019 18:27 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Hanya mampu menangkan Liga Europa, Unai Emery sempat disindir Sir Alex Ferguson. Copyright: © INDOSPORT
Hanya mampu menangkan Liga Europa, Unai Emery sempat disindir Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM - Pelatih Arsenal, Unai Emery diketahui hanya pernah membimbing timnya menjuarai Liga Europa. Siapa sangka dirinya sempat disinggung oleh pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Hal ini terjadi ketika Emery menghadiri forum khusus perkumpulan para pelatih sepak bola bertajuk UEFA Elite Coaches Forum yang diselenggarakan di Nyon, Swiss tahun 2014 lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan Soccer AM, pelatih The Gunners sempat berujar: "Suatu hari saat kami berada di Nyon untuk pertemuan pelatih dan saya sedang berjuang di kompetisi Liga Europa, dan Ferguson sempat bertanya, 'sungguh Unai, apakah anda tidak ingin memenangkan Liga Champions?"

© Daily Mail
Sir Alex Ferguson. Copyright: Daily MailSir Alex Ferguson, mantan pelatih Manchester United.

"Ya tentu saja saya mau!  Saya tetap merasa bangga bisa memenangkan Liga Europa karena banyak orang menganggap penting kompetisi ini. Tapi tentu saja yang paling utama ialah memenangkan Liga Champions," tambah Emery dilansir laman berita Metro.

Unai Emery sendiri memang kerap dikenal spesialis menjuarai Liga Europa. Ketika masih menjabat pelatih Sevilla, Emery berhasil mengantarkan timnya juara Liga Europa tiga kali (2013/14, 2014/15, dan 2015/16). Sayang di kejuaraan terakhir, tim barunya, Arsenal hanya mampu menduduki posisi runner up.

Torehan berbeda justru berhasil dicetak oleh Ferguson. Mantan pelatih Manchester United itu tercatat berhasil mengantarkan Setan Merah menjuarai Liga Champions sebanyak dua kali (1998/99 dan 2007/08). Belum lagi ditambah beberapa penghargaan lain membuat pria 77 tahun ini menjadi pelatih terbaik sepanjang masa.

Sindiran yang ditujukan Sir Alex Ferguson tentu bisa menjadi motivasi tersendiri bagi Unai Emery. Pasalnya di beberapa laga awal musim 2019/20, terlihat jika pelatih berusia 47 tahun itu mulai merancang strategi ampuh untuk mengalahkan para pesaingnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%