Bola Internasional

Ini Sosok Striker Veteran Malaysia yang Bisa Kembali Bawa Mimpi Buruk untuk Indonesia di GBK

Rabu, 4 September 2019 17:28 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fourfourtwo
Norshahrul Idlan Talaha, pemain andalan Timnas Malaysia. Copyright: © Fourfourtwo
Norshahrul Idlan Talaha, pemain andalan Timnas Malaysia.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengandalkan satu pemain lawas yang siap mengobrak-abrik Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada hari Kamis (05/09/19) di Stadion Gelora Bung Karno.

Bentrokan Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan melanjutkan rivalitas kedua tim yang sudah terbangun dalam satu dekade terakhir. Tercatat, mereka bertemu 95 kali dengan yang terakhir pada tahun 2016 ketika Indonesia menang 3-0 atas Malaysia di laga persahabatan. 

Bertandang ke Indonesia, Tan Cheng Hoe membawa jimat Norshahrul Idlan Talaha demi mengancam pertahanan tuan rumah. Meski begitu, mantan juru taktik Kedah FA itu tetap meminta semua pemain tidak melulu mengandalkan striker veteran tersebut.

“Kami tidak ingin menekan (Norshahrul), tetapi sebagai tim kami harus saling bahu-membahu dan pda saat yang sama kami bisa bermain sebagai tim dengan semangat kerja yang tinggi,” kata Cheng Hoe dilansir dari BHarian.

Norshahrul yang akrab disapa Mat Yo merupakan satu-satunya pemain generasi 2010 yang berada di skuat Malaysia besutan Tan Cheng Hoe saat ini. Bisa dibilang, Mat Yo juga satu satunya pemain yang berpengalaman menghadapi Indonesia.

Mat Yo pernah memperkuat Timnas Malaysia yang berada satu grup dengan Malaysia di Piala AFF 2010. Di babak grup ,Timnas Indonesia yang jadi tuan rumah sukses menang telak 5-1 atas Malaysia di SUGBK.

Satu-satunya gol Malaysia dicetak Norshahril. Sementara Indonesia membobol gawang Harimau Malaya lewat gol bunuh diri Asraruddin Putra Omar, dan sepakan Cristian Gonzales, M Ridwan, Samsul Arif, dan Irfan Bachdim.

Kedua tim dipertemukan kembali di babak final Piala AFF 2010. Di final leg pertama yang digelar di Bukit Jalil, Norshahrul bermain sebagai starter. Malaysia pun menang 3-0 lewat dua gol Safee Sali dan Ashari Bin Samsudin.

Di leg kedua yang digelar di SUGBK, Malaysia kembali mengandalkan Norshahrul. Meski menang 2-1, Timnas Indonesia gagal memenangi Piala AFF 2010 lantaran kalah agregat 2-4 dari Malaysia.