Liga Indonesia

3 Fakta Takuya Matsunaga, Gelandang Jepang yang Selangkah Lagi Gabung Kalteng Putra

Kamis, 5 September 2019 18:01 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Pemain asal Jepang, Takuya Matsunaga, yang kabarnya bakal ke Kalteng Putra. Copyright: © INDOSPORT
Pemain asal Jepang, Takuya Matsunaga, yang kabarnya bakal ke Kalteng Putra.

INDOSPORT. COM - Takuya Matsunaga, gelandang asal Jepang ini disebutkan tinggal selangkah lagi gabung klub sepak bola Indonesia, Kalteng Putra.

Memasuki masa bursa transfer paruh musim Liga 1 2019, Kalteng Putra dikabarkan sudah mencapai kata sepakat dengan seorang pemain baru. Kalteng Putra pun kabarnya akan mengumumkan sang pemain anyarnya pada hari Kamis (05/09/19) ini.

Pihak Kalteng Putra memang belum menyebut dengan jelas identitas lengkap dari pemain anyar yang direkrut. Namun bila menengok jagat media sosial, ramai kabar bahwa nama pemain yang didatangkan Kalteng Putra ialah Takuya Matsunaga.

Khususnya bila melihat unggahan dari akun Twitter @Indostransfer. Cuitan @Indostransfer mengabarkan kalau Kalteng Putra telah resmi mengontrak sosok Takuya Matsunaga yang sebelumnya bermain untuk klub Kepulauan Faroe, KI Klaksvik.

Andai kabar ini benar, Kalteng Putra berarti sudah berhasil menutupi kekosongan slot pemain asing Asia di bursa transfer paruh musim. Beberapa waktu lalu, Kalteng Putra baru saja mendepak gelandang Korea Selatan, Yoo Hyun-koo.

Mungkin banyak pecinta sepak bola nasional yang belum mengenal betul Takuya Matsunaga. Maklum saja, sang pemain belum pernah sama sekali merumput di Indonesia.

INDOSPORT pun lantas coba mengulas lebih jauh tentang sosoknya. Berikut ulasan tentang fakta-fakta Takuya Matsunaga, gelandang Jepang yang selangkah lagi gabung Kalteng Putra.

Klub Gurem Eropa

Takuya Matsunaga merupakan seorang gelandang yang memiliki pengalaman merumput di Eropa. Namun Takuya Matsunaga cukup berbeda, sebab ia lebih banyak bermain di klub gurem Benua Biru.

Sebelum diisukan gabung Kalteng Putra, Takuya Matsunaga bermain untuk klub Kepulauan Faroe, KI Klaksvik. Ia merumput di sana kurang lebih selama empat bulan, dari Januari hingga Mei 2019.

Selain Kepulauan Faroe, Takuya Matsunaga juga pernah menjalani karier di Estonia dan Lithuania. Kala di Estonia Takuya bermain untuk Kalev Tallin dari 2017 hingga 2019.

Sementara kalau di Lithuania, Takuya Matsunaga menjalani karier bersama FK Utenis. Pengalaman yang cukup berbeda ini, apakah tetap bisa membuat Takuya Matsunaga bermain apik untuk Kalteng Putra?

Gaya Bermain

Takuya Matsunaga merupakan pemain yang terbiasa menempati posisi gelandang tengah. Namun soal gaya bermain, Takuya Matsunaga diyakini memiliki naluri lebih bertahan.

Buktintya berdasarkan data dari situs Transfermarkt, posisi natural Takuya Matsunaga adalah gelandang bertahan. Catatan golnya sepanjang karier juga baru menyentuh angka lima, yang seakan menandakan bahwa Takuya Matsunaga lebih berfokus menjaga kedalaman pertahanan.

Meski demikian, Takuya Matsunaga juga dapat bermain di sejumlah posisi lainnya. Ia bisa menempati posisi gelandang serang, hingga gelandang sayap kanan dan kiri.

Harga Pasaran

Punya pengalaman bermain di Eropa, tak membuat harga pasaran Takuya Matsunaga mengesankan. Harga pasarannya malah terbilang sangat murah.

Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, harga pasaran Takuya Matsunaga adalah 75 ribu euro. Jika dikonversi ke mata uang Indonesia, berarti harga Takuya Matsunaga sekitar 1,1 miliar rupiah.

Jika dibandingkan dengan pemain Kalteng Putra saat ini, Takuya Matsunaga masih lebih murah ketimbang kapten tim, Sukadana Pratama. Masih dari situs Transfermarkt, Sukadana harga berkisar 100 ribu euro atau 1,6 miliar rupiah.