In-depth

Timnas Indonesia vs Malaysia: Adu Prestasi Simon McMenemy dan Tan Cheng Hoe

Kamis, 5 September 2019 15:53 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© kaltim.tribunnews/goal
Adu Prestasi Simon McMenemy dan Tan Cheng Hoe. Copyright: © kaltim.tribunnews/goal
Adu Prestasi Simon McMenemy dan Tan Cheng Hoe.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy bakal menjalani pertandingan resmi pertamanya pada hari ini, Kamis (05/09/19) malam WIB. Malaysia pun menjadi lawan pertama Simon dalam debut di ajang resminya.

Dengan begitu, Tan Cheng Hoe akan menjadi pelatih pertama yang akan menjegal debut Simon bersama Timnas Indonesia. Pelatih Malaysia itu bisa saja menjadi mimpi buruk bagi Simon pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti.

Mengingat, Tan Cheng Hoe memiliki pengalaman yang cukup banyak menangani Timnas dibandingkan dengan Simon. Meski hal itu tak bisa menjadi tolok ukur untuk membuktikan siapa pelatih yang lebih hebat, namun Simon nyatanya harus waspada dengan permainan Toe Cheng Hoe.

Karena Tan Cheng Hoe memang sudah lebih dulu berpengalaman menukangi sebuah Timnas. Juru taktik berusia 51 tahun tersebut lebih dulu memulai karier kepelatihannya sebagai asisten pelatih Timnas Malaysia U-19. 

Sebagai seorang asisten pelatih, Tan Cheng Hoe cukup sering membantu Malaysia dalam meraih gelar juara. Salah satunya adalah juara Piala AFF 2010 dan SEA Games 2009 silam. Pengalmaan itulah yang akhirnya membuat Tan Cheng Hoe dipromosikan sebagai pelatih Malaysia.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Malaysia jelang laga Pra Piala Dunia 2019 melawan Timnas Indonesia yang dihadiri pelatih Tan Cheng Hoe dan perwakilan pemain kiper Farizal Marlias di Media   Center Stadion GBK Senayan, Jakarta (04/09/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTJumpa pers Timnas Malaysia jelang laga Pra Piala Dunia 2019 melawan Timnas Indonesia yang dihadiri pelatih Tan Cheng Hoe dan perwakilan pemain kiper Farizal Marlias di Media Center Stadion GBK Senayan, Jakarta (04/09/19).

Berbeda dengan Tan Cheng Hoe, Simon lebih sering menukangi sebuah klub dibandingkan dengan tim nasional. Akan tetapi, dirinya juga pernah membantu Timnas Filipina saat bersaing di Piala AFF 2010 lalu.

Saat itu, Simon berhasil membawa Filipina melangkah hingga babak semifinal setelah ditumbangkan Timnas Indonesia dengan skor 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta hadir melalui aksi Cristian Gonzales.

Terlepas dari itu, kali ini INDOSPORT mencoba untuk membahas sejumlah prestasi yang pernah diraih oleh Simon dan Tan Cheng Hoe selama mereka berkarier sebagai seorang pelatih professional.