Bola Internasional

Pelatih Malaysia Ungkap Kunci Sukses Kalahkan Indonesia

Jumat, 6 September 2019 16:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Malaysia jelang laga Pra Piala Dunia 2019 melawan Timnas Indonesia yang dihadiri pelatih Tan Cheng Hoe dan perwakilan pemain kiper Farizal Marlias di Media   Center Stadion GBK Senayan, Jakarta (04/09/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Malaysia jelang laga Pra Piala Dunia 2019 melawan Timnas Indonesia yang dihadiri pelatih Tan Cheng Hoe dan perwakilan pemain kiper Farizal Marlias di Media Center Stadion GBK Senayan, Jakarta (04/09/19).

INDOSPORT.COM - Malaysia sukses meraih tiga poin di laga babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 atas Indonesia, Kamis (05/09/19) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Skuat Harimau Malaya menang dengan skor tipis 3-2.

Laga sejatinya tak berjalan mudah, sebab Malaysia dua kali tertinggal lewat gol striker Indonesia, Beto Goncalves pada menit ke-12 dan 39, sebelum akhirnya menang lewat gol Mohamadou Sumareh (dua gol menit ke-36 dan 90+7) dan Syafiq (menit ke-66).

Oleh sebab itu, pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, lantas membeberkan rahasia sukses timnya. Ia mengatakan semangat pantang menyerah yang ditunjukan anak asuhnya jadi salah satu alasan mereka bisa memenangkan laga. 

"Saya pikir kami sempat melakukan kesalahan di babak pertama dan babak kedua semua pemain berjuang hingga akhir. Saya pikir secara keseluruhan saya mau ucapkan selamat buat pemain karena ini laga yang tak mudah meski kami meraih tiga poin dan laga pertama yang bagus di kualifikasi Piala Dunia," katanya.

Tan Cheng Hoe tak menampik jika timnya sempat dikejutan dengan gol cepat Beto. Namun, keputusan menarik keluar Hadin Azman pada menit ke-36 dan menggantikannya dengan Mohamadou Sumareh terbukti tepat, sebab nama terakhir mencetak dua gol bagi Malaysia.

"Gol pertama cukup jadi kejutan karena ada yang tidak sesuai rencana kami. Tapi pergantian pemain makin membuat serangan kami lebih baik dan dia (Sumareh) mampu menjalankan tugas dengan baik dan bisa mencetak gol," ujarnya.

Dengan kemenangan atas Indonesia, Malaysia saat ini memuncaki klasemen sementara Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tim Harimau Malaya mengumpulkan tiga poin, unggul atas Thailand di peringkat kedua yang bermain imbang 0-0 kontra Vietnam.

Sedangkan, Indonesia ada di dasar klasemen dengan nol poin. Skuat Garuda harus puas di bawah Uni Emirat Arab yang belum juga meraih karena belum menjalani pertandingan.