Bola Internasional

Tak Takut Di-bully, Wonderkid Liga Inggris Ini Tetap Bangga Punya Darah Indonesia

Jumat, 6 September 2019 16:29 WIB
Penulis: Subhan Wirawan, Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Joseph Simatupang Ferguson mengaku tak takut mendapat bully-an karena ia memiliki darah Indonesia. Pemain muda tim Blackburn Rovers U-18 itu justru merasa bangga karena memiliki garis keturunan Indonesia.

Eksklusif kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Joseph menceritakan bahwa ia memang memiliki keterikatan dengan Indonesia. Ia tidak pernah merasa malu sedikit pun karena memiliki darah Indonesia dan menyandang nama Simatupang.

“Bullying tidak pernah menjadi masalah bagi saya. Memiliki darah Indonesia bisa saja menjadi isu rasisme yang menimpa saya. Tapi saya tidak mau hal tersebut mengganggu karier saya,” tutur Joseph.

Darah Indonesia memang mengalir kental pada diri Joseph Simatupang Ferguson. Nama Simatupang ia dapatkan dari sang ibu yang merupakan wanita asli Sumatra Utara.

“Saya bangga menjadi bagian dari Indonesia. Itulah yang membentuk saya menjadi seperti sekarang,” tegas Joseph lagi.

Meski lama tinggal di Inggris, tetapi Joseph tetap memperhatikan sanak saudaranya yang berada di Indonesia. Sesekali ketika masa liburan, ia mengunjungi Indonesia untuk berlibur dan menemui keluarganya.

“Saya beberapa kali berkunjung ke Indonesia. Kami masih memiliki banyak saudara yang tinggal di Jakarta,” imbuh Joseph.

Joseph Simatupang Ferguson bergabung dengan tim junior Blackburn Rovers sejak usia 11 tahun. Pemain berposisi bek kanan itu kini tengah berjuang agar bisa menembus tim inti Blackburn Rovers U-18 yang berkompetisi di Liga Inggris U-18.