Bola Internasional

3 Pesepak bola Legendaris yang Pernah Lakukan Aksi Scorpion Kick

Sabtu, 7 September 2019 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Kiper legendaris Kolombia, Rene Higuita. Copyright: © Getty Images
Kiper legendaris Kolombia, Rene Higuita.

INDOSPORT.COM - Scorpion kick atau tendangan kalajengking merupakan sebuah gerakan yang sulit dilakukan, khususnya saat bermain dalam kompetisi resmi.

Perlu tingkat konsentrasi yang tinggi dan ball feeling yang kuat, serta kemampuan fisik yang menunjang untuk melompat dan mengontrol bola dari sisi belakang layaknya seekor kalajengking.

Namun nama-nama berikut ini pernah melakukan aksi luar biasa ketika beraksi dengan teknik scorpion kick di lapangan hijau. Siapa sajakah mereka?

1. Rene Higuita

Pada sebuah pertandingan persahabatan di Wembley pada 6 September 1995, timnas Kolombia cukup kesulitan menghadapi gempuran dari pemain depan Inggris. Puncaknya, seseorang melakukan shoot on target ke arah gawang Kolombia dari luar kotak penalti.

Bukannya menangkap bola, kiper Rene Higuita justru mengangkat kedua kakinya ke belakang dan bertumpu pada kedua lengannya. Ia melakukan scorpion kick yang membuat bola kembali melambung ke tengah lapangan.

Sudah 24 tahun berlalu, namun aksi luar biasa dari Rene Higuita tetap menjadi salah satu aksi penyelamatan terbaik, meski saat itu pertandingan harus ditutup dengan skor imbang 0-0.

2. Zlatan Ibrahimovic

Ketika masih berseragam Paris Saint-Germain di tahun 2013 lalu, Zlatan Ibrahimovic sempat mencatatkan satu gol spektakuler dari scorpion kick alias tendangan kalajengking.

Pesepak bola asal Swedia itu menyarangkan gol ke gawang SC Bastia pada pekan ke-10 Ligue 1 Perancis setelah mendapat umpan dari Hervin Ongenda, meski diapit oleh dua bek lawan.

3. Zico

Gol terbaik yang pernah dicatatkan oleh legenda Brasil, Zico, adalah ketika bermain untuk klub Jepang, Kashima Antlers, pada era 1990-an.

Zico sempat membuat sebuah scorpion kick saat berlari ke arah gawang namun membelakangi bola, dan ia justru berhasil mencatatkan gol dari aksi unik tersebut.

“Gol terbaik yang pernah saya cetak, saya melakukannya di Jepang. Saya berlari mendahului bola yang datang dari belakang dan saya tidak tahu harus berbuat apa, tetapi saya mendorong diri ke depan untuk menendang bola dengan tumit,” pungkasnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%