Bola Internasional

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Iran: Garuda Nusantara Dicukur

Sabtu, 7 September 2019 17:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi pemain Iran usai membobol gawang Risky Muhammad. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi pemain Iran usai membobol gawang Risky Muhammad.

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan persahabatan Timnas Indonesia U-19 vs Iran U-19 pada Sabtu (7/9/19) sore WIB, di mana skuad Garuda Nusantara mengalami kekalahan telak atas tim tamu.

Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Timnas Indonesia U-19 bertekad meraih kemenangan demi mengobati rasa sakit hati fans Garuda yang hari Kamis lalu terpukul atas kekalahan Timnas senior di kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia.

Menjamu Iran U-19, pelatih Fakhri Husaini masih menurunkan 80 persen skuad yang tampil di ajang Piala AFF U-18 2019 lalu, sebut saja nama-nama macam Bagus Kaffa, Bagus Kaffi, hingga Brylian Aldama kembali dipanggil di laga ini.

Pada babak pertama, Timnas Indonesia mampu mengimbangi permainan cepat Iran U-19 yang mengandalkan serangan dari sektor sayap.

Namun sayang petaka muncul untuk Garuda Nusantara, pada menit ke-14  Iran mendapatkan penalti dan Yasin Salmani yang mengambil sendiri eksekusi berhasil menceploskan bola. Skor 0-1 untuk keunggulan Iran U-19.

Sepanjang babak pertama Timnas Indonesia bisa memberikan tekanan untuk pertahanan Iran U-19, namun sayang hingga wasit meniup peluit tanda jeda tak ada gol yang tercipta.

Selepas jeda Timnas Indonesia U-19 berhasil menyamakan kedudukan, adalah aksi Fajar Faturrachman yang mampu memaksimalkan umpan silang dari Beckham Putra pada menit ke-47'. Kedudukan sama kuat 1-1.

Sayangnya gol tersebut jadi tak berarti usai Timnas Iran U-19 mampu mencetak tiga gol beruntun hanya dalam tempo 10 menit yang dimulai dari sundulan menit ke-51', kemelut di depan gawang menit ke 57' serta solu run menit 60'.

Timnas Indonesia U-19 sendiri hanya bisa memperkecil ketertinggalan menit ke-86', melalui akselerasi Bagus Kahfi yang sukses mengelabui lini pertahanan Iran.

Hingga pertandingan usai, tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim dan laga pun berkesudahan dengan skor telak 2-4 untuk kemenangan Iran U-19.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19

Risky Muhammad Sudirman; Bayu Mohamad, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Mochamad Yudha Febrian, Theo Fillo Da Costa Numberi, Beckham Putra Nugraha, Braif Fatari, Muhammad Fajar Fathur Rachman, Saddam Emiruddin Gaffar, Mochamad Supriyadi.

Timnas Iran U-19

Amir Hossein Nikpour, Ali Sobhani, Ahmad Reza Jalali, Mohammadreza Asgari, Alireza Asad Abadi, Mohammad Reza Moharrami, Mohammad Hossein Zavvari, Yasin Salmani, Mahdi Heshemnezhad Rahimabadi, Aria Barzegar, Mahdi Mohammad Ahmadi.