In-depth

Merangkum Performa Ezra Walian Selama Berkarier di Eropa

Sabtu, 7 September 2019 16:24 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Setelah teka-teki mengenai siapa pemain yang akan didatangkan oleh PSM Makassar. Akhirnya, tepat pada hari ini, Sabtu (07/09/19), Juku Eja meresmikan Ezra Walian sebagai rekrutan terbaru mereka untuk putaran kedua Shopee Liga 1 2019 nanti.

Dengan bergabungnya Ezra Walian pada bursa transfer tengah musim, PSM Makassar diyakini akan bangkit pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019 nanti. 

Ezra sendiri telah menandatangi kontrak berdurasi 3,5 tahun bersama PSM. Kontrak ini tentu semakin menguatkan bahwa Juku Eja tidak bermain-main dalam mendatangkan sang wonderkid.

Tentu, kehadiran Ezra menuai respon positif dari para pencinta sepak bola Tanah Air. Namun, tak sedikit pula yang menanggapi dengan negatif, mengingat PSM sebelumnya telah mendatangkan Amido Balde yang berposisi sama dengan Ezra.

Walau begitu, artikel ini bukanlah artikel yang dibuat untuk membandingkan Balde dan Ezra. Melainkan, untuk mengetahui siapa sosok Ezra Walian, penyerang 21 tahun, yang namanya sering didengar oleh pencinta sepak bola Indonesia.

Maka dari itu, melalui artikel ini, INDOSPORT, coba mengulik lebih dalam tentang deretan catatan-catatan Ezra selama kariernya di pentas Eropa.

121 Penampilan, 34 Gol dan 11 Assist

Berdasarkan data Transfermarkt, Ezra diketahui telah mencatatkan 121 penampilan bersama tiga klub asal Belanda, yakni tim muda Ajax (U-18 dan U-19), Almere City FC dan RKC Waalwijk.

Menariknya, sebagai seorang penyerang, catatan gol Ezra tak begitu cemerlang dengan torehan 34 gol. Paling banyak ia ciptakan saat masih berseragam Ajax U-19 dengan 13 gol dari 36 laga.

6.901 menit

© www.bd.nl
Pemain RKC Waalwijk Ezra Walian. Copyright: www.bd.nlPemain RKC Waalwijk Ezra Walian.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ezra telah tampil sebanyak 121 kali di seluruh kompetisi sepak bola Belanda, baik itu tingkat junior, maupun senior.

Menariknya, 121 penampilan tersebut ia dapatkan sebagai pemain inti, bukan pemain cadangan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya menit bermain Ezra, yakni sebesar 6.901 menit

Ajax Amsterdam U-19 menjadi klub yang paling banyak memainkan Ezra dengan rincian 2.114 menit dari 36 pertandingan.

Lebih Ganas Sebagai Penyerang, Lebih Berkontribusi Sebagai Sayap

Ezra memang dikenal sebagai seorang penyerang. Namun, tak banyak yang tahu bahwa dirinya bisa bermain di berbagai posisi. Mulai dari sayap kanan dan kiri, gelandang serang hingga gelandang tengah.

Menariknya, Ezra ternyata memiliki catatan yang cukup unik di setiap posisi yang ia kuasai. Sebut saja saat dirinya tampil sebagai penyerang.

Diketahui, Ezra sangat-sangat produktif sebagai seorang penyerang dengan catatan 14 gol dan 2 assist dari 46 pertandingan.

Namun, saat menjadi pemain sayap, tepatnya sayap kanan. Ezra justru lebih berkontribusi untuk tim. Pasalnya, dari 26 pertandingan, ia sukses mencetak 7 gol dan 5 assist.