In-depth

Mungkinkah Balde dan Ezra Walian Jadi Duet Mengerikan PSM Makassar di Liga 1?

Sabtu, 7 September 2019 16:26 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Amido Balde dan Ezra Walian Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Amido Balde dan Ezra Walian

INDOSPORT.COM - Apakah mungkin kedatangan Ezra Walian dan juga sudah lebih dulu Amido Balde akan menciptakan duet mengerikan untuk PSM Makassar di Liga 1 2019?

Ezra Walian resmi diperkenalkan oleh PSM Makassar pada Sabtu (07/09/19) dengan menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi 3,5 tahun. Jelas, komitmen yang serius untuk PSM pada pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu.

"Jadi ini jawaban dari manajemen tentang siapa pemain muda yang akan bergabung. Dia adalah Ezra Walian yang sudah sangat populer di Indonesia," ungkap CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin.

Sebelumnya, Ezra memang berstatus bebas transfer per 30 Juni silam setelah tidak mendapat kontrak permanen saat dipinjam RKC Waalwijk dari Almere City.

Sebelum kedatangan Ezra, PSM sudah lebih dulu mengumumkan Amido Balde sebagai pemain anyar mereka di awal bursa transfer Liga 1 2019 lalu. Bahkan Balde sudah memainkan laga debutnya di pekan ke-17 Liga 1 menghadapi Persela Lamongan.

Setelah kabar resmi Ezra dan juga ada Balde di skuat yang berjuluk Pasukan Ramang itu, bisa disebut mereka kini memiliki dua striker berkualitas rasa sepak bola Eropa.

Dengan memiliki dua striker berkualitas rasa sepak bola Eropa, tentunya para fans PSM Makassar ingin sang pelatih, Darije Kalezic menduetkan Ezra Walian dan Amido Balde di lini depan.

Peluang Duet Ezra Walian dan Amido Balde?

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/psm_makassar Verified
Amido Balde dan Ezra Walian Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/psm_makassar VerifiedAmido Balde dan Ezra Walian

Tapi kemungkinan melihat duet Ezra Walian dan Amido Balde di sisa musim Liga 1 2019 ini nampaknya juga mendapat dukungan dari CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin baru-baru ini.

"Penyerang PSM harus sangat padu dalam penyelesaian akhir. Terdapat beberapa peluang yang harusnya terkonversi menjadi gol, tapi hanya bisa cetak gol lewat penalti," ungkap Munafri.

Dari pernyataan bos PSM Makassar itu, jelas sekali bahwa dia menginginkan lini serang timnya produktif dan menyapu semua peluang menjadi gol hingga akhir musim ini.

Duet Ezra Walian dan Amido Balde pun diyakini dapat menjawab keinginan CEO PSM Makassar. Dengan pengalaman bermain di Eropa bisa menjadi modal untuk keduanya membuat lini serang PSM tampak berbahaya untuk setiap lawan.

Tapi semua kembali ke formasi yang diterapkan oleh Darije Kalezic sebagai Pelatih Kepala PSM Makassar. Apakah dirinya punya formula yang cocok untuk menduetkan kedua striker anyar yang baru didatangkan itu.

Menurut situs penyedia data asal Jerman, Transfermarkt, Darije Kalezic total sudah memimpin 26 pertandingan PSM Makassar di semua kompetisi sejauh ini. Dengan catatan 14 kemenangan, tiga kali imbang dan sembilan kali kalah.

Dari situs tersebut, Kalezic memiliki setidaknya tiga formasi yang dipakai secara bergantian, mulai dari 4-3-3, 4-2-3-1 hingga 4-4-2 double 6. Nampaknya Kalezic lebih cenderung menyesuaikan formasi timnya dengan tim yang akan dilawannya.

Setelah mengetahui formasi apa saja yang sering dipakai oleh sang pelatih, kita lihat posisi apa saja yang bisa ditempati oleh calon duet maut PSM Makassar di sisa musim Liga 1 2019, yakni Balde dan Ezra.

Untuk Balde nampaknya tidak ada harapan untuk menempatkan dirinya di posisi lain. Dengan tinggi badan 193 cm yang sudah pasti di atas rata-rata para bek tengah Liga 1, dia memang harus dan hanya bisa ditempatkan di posisi striker.

Kini untuk pergeseran posisi hanya bisa dilakukan kepada Ezra Walian. Kalezic mungkin bisa menempatkan eks Ajax Amsterdam ini di posisi second striker jika memasang formasi 4-4-2 double 6. Dia bisa dimainkan di belakang Balde untuk membuka ruang di pertahanan lawan.

Untuk formasi 4-2-3-1 juga bisa dikonversi menjadi 4-4-1-1, di mana gelandang serang dimajukan dan memainkan second striker yang tentunya bisa diisi oleh Ezra Walian.

Meski keduanya tidak dimainkan sebagai penyerang tengah, duet Ezra Walian dan Amido Balde yang saling bahu membahu bisa menjadi ancaman besar untuk klub-klub lain di Liga 1 2019.

Mendatangkan Amido Balde dan Ezra Walian di bursa transfer Liga 1 2019 tentu harus benar-benar dimaksimalkan oleh PSM Makassar. Menduetkan keduanya di lini serang, tidak ada salahnya dicoba, bukan?