Liga Indonesia

Prediksi Starting PSM Makassar di Putaran Dua Liga 1 2019: Duet Ezra-Balde Jadi Andalan

Sabtu, 7 September 2019 20:54 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut perkiraan starting eleven PSM Makassar pada putaran dua Shopee Liga 1 Indonesia 2019, di mana duet penyeran Ezra Walian dan Amido Balde bakal jadi andalan.

PSM Makassar sendiri memang baru menambah kekuatan mereka dengan mendatangkan penyerang naturalisasi Indonesia, Ezra Walian dalam jendela transfer putaran kedua Shopee Liga 1 2019.

Bahkan penyerang berusia 21 tahun ini mendapat kontrak panjang bersama PSM Makassar, disebutkan jika Ezra akan dikontrak PSM selama 3,5 tahun atau hingga musim 2022 mendatang.

"Jadi ini jawaban dari manajemen tentang siapa pemain muda yang akan bergabung. Dia adalah Ezra Walian yang sudah sangat populer di Indonesia," ungkap CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin.

Sebelumnya, Ezra memang berstatus bebas transfer per 30 Juni silam setelah tidak mendapat kontrak permanen saat dipinjam RKC Waalwijk dari Almere City.

Kedatangan Ezra Walian bisa menambah kekuatan PSM Makassar di paruh kedua Liga 1 2019 nanti, terlebih tim berjuluk Juku Eja ini sudah mendatangkan Amido Balde sebagai mesin gol anyar sebelumnya.

Pemain asal Guinea-Bissau ini bahkan langsung unjuk gigi dengan mencetak sebiji gol saat berhadapan dengan Persela Lamongan di laga perdana bersama PSM Makassar, pada Minggu (1/9/19) lalu.

Tak cuma Balde, beberapa pemain berbakat lain juga berhasil didatangkan manajemen PSM Makassar di bursa transfer kali ini dan memungkinkan bagi PSM untuk membentuk skuat mengerikan di paruh kedua nanti.

Berikut INDOSPORT.COM coba merangkum dan mengulas starting yang mungkin bakal di pakai PSM Makassar di putaran dua Shopee Liga 1 2019, di mana duet penyerang Ezra dan Balde bakal jadi andalan.

Taktik 4-4-2

Dengan kedatangan Ezra Walian, pelatih Darije Kalezic bakal memanfaatkan Dutch connection para pemainnya bahkan mungkin memang itu tujuan Darije Kalezic merekrut beberapa pemain beraroma Belanda di paruh kedua ini.

Selain Ezra Walian, tim PSM Makassar juga memboyong Raphael Maitimo dari PSIM Yogyakarta. Maitimo sendiri memang jebolan Liga Belanda lantaran pernah tampil bersama NAC Breda, FC Dordrecht dan Feyenoord U-21.

Bahkan sang pemain memiliki darah Belanda, sehingga akan sangat menguntungkan bagi lini tengah PSM Makassar yang sebelumnya memang sudah dihuni oleh duo 'meneer', yakni Wiljan Pluim dan Marc Klok.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/psm_makassar Verified
Amido Balde dan Ezra Walian Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/psm_makassar VerifiedAmido Balde dan Ezra Walian

Hadirnya Raphael Maitimo semakin mensolidkan lini tengah PSM Makassar, dan dengan tambahan lini serang dari Ezra Walian yang juga jebolan Belanda, bakal membuat koneksi antar lini Juku Eja sangat berbahaya.

Menggunakan formasi 4-4-2, Darije Kalezic bisa memasang duet Ezra Walian dan Amido Balde sebagai penyerang. Peran sedikit berbeda mungkin akan diterima Ezra Walian, di mana mantan pemain Almere City ini bakal bermain sedikit kebelakang dan menempati posisi Deep-lying forward.

Ezra akan cenderung turun ke area lebih dalam, menahan bola lalu memberikannya lagi kepada para pemain lain. Ezra juga akan menjadi penyambung lini depan dan lini tengah.

Penyerang tipe ini akan berguna ketika dimainkan dengan penyerang lain, dan Amido Balde bakal jadi jawaban atas taktik 4-4-2 ini.

Di belakang Ezra dan Balde, ada trio Belanda yang dihuni Raphael Maitimo, Wiljan Pluim dan Marc Klok sebagai penyuplai bola serta pemutus serangan.

Duet Raphael Maitimo dan Marc Klok jadi kunci permainan, Klok bakal lebih defensif dan menjadi Defensive Midfielder. Tugas utamanya adalah melindungi pertahanan dari penyerang lawan serta mengatur posisi pemain dari lini belakang.

Sementara Maitimo bisa diberikan kebebasan mengolah bola dan melepaskan umpan namun tetap berada di tengah dan hanya sesekali melakukan tusukan, ia akan menempati posisi sebagai Advanced Playmaker.

Posisi ini sebelumnya pernah diemban Wiljan Pluim, namun dengan kedatangan Maitimo sang kapten pun harus mengalah dan bermain melebar dengan menempati posisi winger kanan.

Peran sebagai winger sendiri bukanlah hal yang tabu bagi Pluim. Pasalnya pemain berusia 30 tahun tersebut telah tiga kali diplot sebagai pemain sayap dalam gelaran Piala AFC 2019 lalu.

Wiljan Pluim akan ditemani oleh Zulham Zamrun yang menempati winger sebelah kiri, peran kedua pemain ini akan sangat penting terutama dalam memberikan umpan-umpan silang.

Di lini belakang, tak ada perubahan yang begitu menonjol namun setelah kedatangan Firza Andika maka posisi full back kiri kemungkinan akan diberikan untuk pemuda 20 tahun tersebut.

Apalagi kecepatan serta tusukan Firza Andika telah cukup terbukti saat ia membela PSMS Medan serta Timnas U-19, sehingga keunggulan tersebut dapat menjadi senjata tersembunyi PSM Makassar.

Tiga pemain lain di lini belakang tak mengalami perubahan dari paruh pertama, trio Abdul Rahman, Aaron Evans, serta Benny Wahyudi masih menjadi andalan.

Lebih lengkapnya berikut perkiraan starting XI PSM di putaran dua Liga 1 2019.

© buildlineup.com
Perkiraan Formasi PSM Makassar di paruh kedua Liga 1 2019 Copyright: buildlineup.com