Liga Indonesia

Adu Kualitas Simon McMenemy vs Akira Nishino, Siapa yang Lebih Unggul?

Selasa, 10 September 2019 11:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/Herry Ibrahim/INDOSPORT
Adu strategi pelatih Timnas Simon McMenemy vs Akira Nishino Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/Herry Ibrahim/INDOSPORT
Adu strategi pelatih Timnas Simon McMenemy vs Akira Nishino

INDOSPORT.COM - Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand akan diwarnai oleh adu kualitas para pelatih, yakni Simon McMenemy vs Akira Nishino. Siapakah yang lebih unggul?

Kemampuan berlatih dan juga catatan-catatan yang sudah ditorehkan selama karier kepelatihan tentu menjadi modal besar untuk seorang pelatih, apalagi laga penting seperti Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti malam.

Ya, Timnas Indonesia vs Thailand akan saling bertemu di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/09/19) pukul 19.30 WIB nanti malam.

Di bawah kepelatihan Simon McMenemy, Timnas Indonesia memang belum menunjukkan perubahan yang berarti. Bahkan kita baru saja kalah dari Malaysia di laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (05/09/19) pekan lalu.

Oleh karena itu, Simon McMenemy tentu tidak ingin Timnas Indonesia kembali telan kekalahan apalagi kembali memainkan laga di hadapan suporter sendiri seperti saat menghadapi Malaysia.

Tapi Thailand juga kini telah menjelma sebagai tim yang makin kuat dan diyakini siap menyulitkan Timnas Indonesia yang mengincar kemenangan di SUGBK nanti malam.

Mereka juga baru saja menunjuk pelatih asing asal Jepang, yakni Akira Nishino pada Juli 2019 lalu. Bahkan Akira disebut-sebut sebagai pelatih jebolan Piala Dunia 2018.

Sangat menarik bukan untuk mengadu kualitas dari Simon McMenemy vs Akira Nishino, kedua pelatih yang akan saling unjuk strategi serta taktik di pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand nanti malam.

Simon McMenemy vs Akira Nishino

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Simon McMenemy, Pelatih Timnas Indonesia Senior. Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTSimon McMenemy, Pelatih Timnas Indonesia Senior.

Melihat data-data mengenai Simon McMenemy vs Akira Nishino di berbagai sumber, nampaknya Timnas Indonesia tidak bisa berharap banyak nanti malam.

Pasalnya Thailand sekarang ditukangi oleh pelatih yang pernah mencicipi turnamen sepak bola antar negara paling bergengsi di dunia, yakni Piala Dunia.

Menurut catatan yang terekam di situs penyedia data asal Jerman, Transfermarkt, Akira merupakan pelatih kepala untuk Timnas Jepang saat tampil di Piala Dunia 2018 lalu.

Bersama Akira, Timnas Jepang berhasil lolos hingga babak 16 besar bahkan hampir membuat kejutan jika mereka mampu mengalahkan Belgia saat itu. Pasalnya, Jepang sudah unggul 2-0 lebih dulu, sayang Belgia membalikkan keadaan dan menang 3-2.

Meski tersingkir di babak 16 besar, Jepang di bawah asuhan Simon McMenemy mampu mengalahkan tim nasional seperti Kolombia, yang diperkuat oleh Radamel Falcao, Juan Cuadrado, James Rodriguez dan David Ospina.

Saat dirinya masih bermain, Akira Nishino juga tampil untuk Timnas Jepang sebagai pemain. Total dia mencatat 12 kali penampilan untuk tim nasional yang berjuluk Samurai Biru.

Melihat catatan Akira Nishino, kita patut mewaspadai kekuatan yang dimiliki oleh skuat Thailand nanti malam. Pasalnya catatannya tentu jauh lebih unggul dari yang dimiliki oleh Simon McMenemy.

Simon yang resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2018 lalu, tidak memiliki catatan panjang seperti Akira Nishino. Memang, dia menorehkan kejutan dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Simon sukses mengejutkan publik sepak bola Indonesia saat dirinya membawa Bhayangkara FC mengangkat trofi juara Liga 1 2017 lalu. Di musim yang sama, dia juga mendapat predikat Pelatih Terbaik Liga 1 2017.

Selain Bhayangkara FC, ada juga tim bernama Loyola Meralco Sparks yang juga berhasil dibawanya menjuarai kompetisi domestik sepak bola Filipina pada musim 2014/15 lalu.

Simon juga sebenarnya punya pengalaman melatih tim nasional, yaitu saat dirinya mengasuh Timnas Filipina pada tahun 2010 silam. Raihan terbaiknya hanyalah mencapai babak semifinal Piala AFF 2010.

Melihat catatan Simon McMenemy yang sangat jauh di bawah Akira Nishino, tentunya Timnas Indonesia harus bisa mewaspadai gaya bermain yang akan ditunjukkan Thailand nanti malam.

Jika memang Simon McMenemy tak mampu membawa Timnas Indonesia menang atas skuat asuhan Akira Nishino, setidaknya hasil imbang bisa didapat di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti malam.