In-depth

Menanti Aksi Ruben Sanadi di Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand

Selasa, 10 September 2019 09:55 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek kirim Timnas Indonesia, Ruben Sanadi siap dimainkan menghadapi Thailand, Selasa (10/09/19) nanti malam. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek kirim Timnas Indonesia, Ruben Sanadi siap dimainkan menghadapi Thailand, Selasa (10/09/19) nanti malam.

INDOSPORT.COM - Usai kalah dari Malaysia, Timnas Indonesia masih punya Ruben Sanadi untuk lini pertahanan saat menghadapi Thailand, Selasa (10/09/19) nanti malam. Apa yang bisa diberikan kapten Persebaya Surabaya itu?

Timnas Indonesia akan kembali melakoni pertandingan kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia menghadapi Thailand pada Selasa (10/09/19) hari ini, pukul 19.30 WIB malam.

Karena ini babak grup, tim asuhan Simon McMenemy pun harus menargetkan kemenangan saat kontra Thailand. Karena tiga poin sudah melayang usai takluk dari Malaysia di laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Memiliki target tinggi, Simon McMenemy tentu harus memutar otak dan berpikir keras saat menentukan susunan pemain Timnas Indonesia yang akan diturunkan nanti malam.

Jika berbicara mengenai susunan pemain, posisi kiper yang sekarang diisi oleh Andritany Ardhiyasa terus mendapatkan kritikan dari para pendukung Timnas Indonesia. Namun lupakan sedikit posisi penjaga gawang.

Kini kita bergeser maju ke lini pertahanan, di mana perlu adanya perombakan di sini. Salah satunya adalah bek sayap, yang saat dikalahkan Malaysia diisi oleh Yustinus Pae dan Ricky Fajrin.

Kedua bek sayap itu tidak mampu menahan gempuran dari lini serang Malaysia yang mengandalkan kecepatan. Apalagi melihat penampilan dari Muhamadou Sumareh yang mencetak dua gol, Timnas Indonesia tidak boleh mengulanginya lagi.

Oleh karena itu, salah satu dari bek sayap harus dibenahi dan posisi sayap kiri pertahanan Timnas Indonesia yang diisi oleh Ricky Fajrin bisa saja diisi oleh Ruben Sanadi.

Lantas menarik untuk dibahas apa yang bisa diberikan Ruben Sanadi untuk permainan Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand nanti malam. Berikut ulasannya dari INDOSPORT.

Ruben Sanadi, Sosok Senior yang Dibutuhkan Timnas Indonesia

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ruben Sanadi tampak mendapatkan instruksi dari sang pelatih Simon McMenemy, Kamis (05/09/2019). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRuben Sanadi tampak mendapatkan instruksi dari sang pelatih Simon McMenemy, Kamis (05/09/2019).

Yang paling kita bisa lihat tentu saja umur Ruben Sanadi yang tak lagi muda. Mantan pemain Persipura Jayapura ini sudah berusia 32 tahun, tapi jangan anggap remeh.

Di usia yang sudah mendekati pensiun untuk para pemain sepak bola profesional, Ruben Sanadi dengan posisi aslinya sebagai bek sayap kanan masih mampu menjadi andalan di setiap pertandingan Persebaya Surabaya di Liga 1 2019.

Ruben Sanadi sebenarnya menjadi pemain pengganti di akhir babak kedua tepatnya pada menit ke-80. Dia menggantikan Ricky Fajrin yang dikabarkan mengalami cedera.

Kehadiran bek sayap kiri Persebaya Surabaya itu dinilai terlambat. Ruben tidak banyak memberikan dampak terhadap permainan Timnas Indonesia yang terus ditekan Malaysia.

Ruben Sanadi bergabung dengan Persebaya Surabaya pada awal tahun 2018, di mana dia meninggalkan Persipura, klub yang sudah dibelanya selama enam tahun sejak 2012 lalu.

Tak butuh waktu lama, Ruben Sanadi pun menjadi andalan Persebaya Surabaya di pos bek kiri oleh Djadjang Nurdjaman. Bahkan di awal Liga 1 2019, Ruben dipilih sebagai kapten tim berjuluk Bajul Ijo itu.

Selain karena mampu tampil konsisten sejak Liga 1 2018 lalu, Djanur yang kini tak lagi melatih Persebaya, mengungkapkan bahwa Ruben pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Jiwa kepemimpinan yang tinggi sangat dibutuhkan oleh Simon McMenemy, apalagi untuk lini pertahanan yang terlihat sangat berantakan di laga menghadapi Malaysia pada Kamis (05/09/19) pekan lalu.

Ruben Sanadi memang sangat menjadi tumpuan Persebaya di Liga 1 2019. Sejauh ini, pemain kelahiran Biak, Papua ini sudah bermain sebanyak 15 kali dari total 16 pertandingan yang sudah dilakoni Persebaya Surabaya di Liga 1 musim ini.

Menurut Transfermarkt, dari total 15 kali penampilan, Ruben Sanadi berhasil memiliki catatan yang cukup impresif yakni satu gol dan lima assists di Liga 1 2019.

Bahkan saat Ruben dipanggil ke Timnas Indonesia oleh Simon McMenemy, Persebaya sampai berniat untuk memanggilnya kembali untuk laga lanjutan Liga 1 2019 pada akhir Agustus lalu.

Meski Bejo Sugiantoro lebih memilih untuk menyerahkannya kepada manajemen, dirinya pun berandai-andai sosok pemain Timnas Indonesia yang bisa sementara dipinjam Persebaya untuk laga besok.

Pemain itu adalah Ruben Sanadi yang diinginkan Bejo Sugiantoro bisa membela Persebaya saat laga lawan Bhayangkara FC besok. 

"Saya akan menyiapkan pilihan seandainya Ruben tidak bisa ikut atau diizinkan memperkuat tim," bebernya kepada awak media olahraga.

Ruben sendiri terhitung menjadi salah satu pemain yang terlambat gabung TC Timnas Indonesia karena masih bermain penuh 90 menit saat Persebaya Surabaya ditahan imbang oleh Persija Jakarta pada tanggal 24 Agustus kemarin.

Mungkin saja keputusan Simon McMenemy tak menurunkan Ruben Sanadi lebih awal di laga menghadapi Malaysia, dikarenakan sang pemain kekurangan waktu istirahat dibanding rekan-rekan setimnya yang lain.

Tapi sekarang diyakini sang pemain sudah fit dan bisa bermain penuh. Patut dinantikan apakah Ruben Sanadi akan coba diturunkan oleh Simon McMenemy sebagai starter di laga Timnas Indonesia vs Thailand nanti malam. Semoga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%