Bola Internasional

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Thailand, Siapa yang Perkasa?

Selasa, 10 September 2019 14:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Indonesia vs Thailand. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COM - Kira-kira siapa yang begitu perkasa dari rekor pertemuan jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand, Selasa (10/9/19), pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia vs Thailand bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta dalam lanjutan laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebelum pertandingan berlangsung, pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy menjelaskan kalau semua pemain sangat siap secara menyeluruh.

"Mereka siap menerima kritik, dan beberapa dari kritik itu adil. Pemain saya adalah petarung, pejuang yang sangat siap," kata Simon dalam konferensi pers.

Selain itu, Simon berpikir kalau laga ini Timnas Indonesia akn memperlihatkan mentalitas yang kuat karena lawan kali ini akan lebih kuat.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai kalah dari Malaysia, Kamis (05/09/2019). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPara pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai kalah dari Malaysia, Kamis (05/09/2019).

Jelang pertandingan yang begitu menentukan ini, ternyata ada sederet catatan tersendiri dari Timnas Indonesia dan Thailand.

Catatan yang dimaksudkan adalah rekor pertemuan antara Timnas Indonesia vs Thailand maupun sebaliknya. Karena kedua tim telah bertemu sejak 1957 silam.

Dilansir laman statistik dan sejarah 11v11, Timnas Indonesia dan Thailand telah berjumpa sebanyak 77 kali di semua turnamen yang diikuti.

Total Timnas Indonesia hanya meraih kemenangan sebanyak 25 kali. Sementara itu Thailand begitu perkasa karena sukses mendulang 38 kemenangan.

Lalu laga Timnas Indonesia maupun Thailand juga berakhir imbang sebanyak 14 pertandingan. Tampaknya telah terlihat bagaimana kekuatan masing-masing tim.

Dalam 77 pertemuan itu juga Timnas Indonesia sempat merasakan kemenangan terbesar ketika mengalahkan Thailand dengan skor 6-3 di Turnamen Meredeka 1970.

Sedangkan kemenangan terbesar sempat dirasakan Timnas Indonesia usai melibas Thailand dengan skor 5-0 di Jakarta Trophy 12 Juni 1975 silam.

Di sisi lain, Thailand juga sempat mempecundangi Timnas Indonesia dengan skor cukup mencolok, yakni 7-0 di SEA Games 1985 di Bangkok.