Liga Indonesia

Pelatih Bosnia Sudah Duga Kesulitan yang Dialami Timnas Indonesia

Rabu, 11 September 2019 13:58 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Chanatip Songkrasin (tengah) menguasai bola dan dalam pengawalan ketat pemain Timnas Indonesia, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Chanatip Songkrasin (tengah) menguasai bola dan dalam pengawalan ketat pemain Timnas Indonesia, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, sudah menduga atas kesulitan yang kini dialami oleh Timnas Indonesia, atas dua kekalahan saat menjalani Grup G Babak Kualifikasi Pra Piala Dunia Zona Asia.

Milomir memang tidak melontarkan prediksi soal peluang timnas memenangi sepasang duel di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Namun, dia memberi gambaran kesulitan tim besutan Simon McMenemy itu sejak sebelum melawan Malaysia.

"Masalahnya adalah, terlalu banyak tekanan di sepak bola Indonesia. Itu sangat sulit," kata Milomir Seslija dalam wawancara pasca memimpin latihan Arema FC, Kamis (5/9/19).

"Terlalu banyak yang menaruh ekspektasi tinggi pula (untuk tim nasional)," lanjut pelatih asal Bosnia itu.

Dalam kacamatanya, seharusnya publik sepak bola nasional harus bersikap lebih bijak. Bagaimana melihat tim nasional yang saat ini dibesut Simon McMenemy menjalani proses menuju harapan yang diimpikan, dan tidak terlalu berekspektasi pada hasil akhir.

"Seharusnya lebih enjoy lagi dalam menikmati jalannya pertandingan. Dua kali menggelar pertandingan di home, penting sekali untuk menang," ungkap dia. 

Tampaknya, kekhawatiran Milomir atas kesulitan di tim nasional menjadi kenyataan. Andik Vermansyah dkk tampak belum bisa mengatasi tekanan publik sendiri, hingga berujung pada hasil negatif.

Timnas Indonesia kini menghuni dasar klasemen Grup G tanpa satu poin pun, setelah dua kali mengalami kekalahan 2-3 dari Malaysia dan 0-3 dari Thailand.