Liga Indonesia

Jika Julio Banuelos Didepak, Ini 3 Sosok Lawas yang Bisa Kembali untuk Latih Persija Jakarta

Kamis, 12 September 2019 11:17 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
©
Mantan pelatih Persija Jakarta, Arcan Iurie. Copyright: ©
Mantan pelatih Persija Jakarta, Arcan Iurie.

INDOSPORT. COM - Melihat potensi Julio Banuelos yang terancam didepak, sejumlah sosok lawas sepertinya bisa kembali untuk menjadi opsi pelatih Persija Jakarta selanjutnya.

Posisi Julio Banuelos selaku pelatih Persija Jakarta memang sedang berada di ujung tanduk. Julio Banuelos belakangan gagal memberikan kejayaan bagi Persija Jakarta, dan bukan mustahil akan dicopot dari jabatannya.

Teranyar, Julio Banuelos tak berdaya saat menemani anak asuhnya berlaga kontra Persipura Jayapura di Stadion Aji Imbut, Rabu (11/09/19) kemarin. Strategi racikan Julio Banuelos membuat Persija Jakarta menyerah dari Persipura Jayapura dengan skor 0-2.

Hasil tersebut lantas menyudutkan nama Julio Banuelos. Publik banyak yang meminta agar Julio Banuelos segera angkat kaki dari kursi kepelatihan Persija Jakarta.

Jika seruan publik didengar pihak manajemen, Persija Jakarta tentu perlu mencari nama baru untuk menggantikan peran Julio Banuelos. Tak perlu repot, di luar sana ada sejumlah sosok lawas yang bisa menjadi opsi menarik.

Lalu, siapa saja sosok lawas yang masuk ke dalam kandidat pelatih pengganti Julio Banuelos itu? INDOSPORT coba merangkum perkiraannya lewat ulasan berikut.

Luciano Leandro

© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Luciano Leandro. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTLuciano Leandro.

Nama Luciano Leandro pastilah sangat akrab di telinga para Jakmania. Semasa masih aktif bermain, Luciano Leandro pernah memberikan gelar juara untuk Persija Jakarta pada 2001 silam.

Luciano Leandro sendiri kini sedang menjalani karier sebagai pelatih. Namun, sejak bulan Juli lalu, Luciano Leandro tak memiliki klub usai dilepas Persipura Jayapura.

Jika Persija Jakarta berminat, nama Luciano Leandro bisa menjadi opsi menarik untuk menjadi pengganti Julio Banuelos. Pengalaman juaranya di masa lampau, diyakni dapat melecut semangat skuat Macan Kebayoran agar mencapai kebangkitan.

Jan Saragih

© Raditya Erwiyanto/INDOSPORT.
Jan Saragih Copyright: Raditya Erwiyanto/INDOSPORT.Jan Saragih

Persija Jakarta kini mungkin tengah merindukan strategi ala pelatihnya musim lalu, Stefano Cugurra Teco. Bagaimana tidak, Persija Jakarta mampu meraih gelar juara Liga 1 2018 berkat sentuhan tangan dingin pelatih asal Brasil itu.

Namun, keriundan Persija Jakarta haruslah sangat dibatasi. Kini Teco telah menjadi milik orang lain dan sudah melatih klub sepak bola Indonesia lainnya, Bali United.

Kalau Persija Jakarta tetap ingin mengulang kenangan bersama Teco, mungkin nama Jan Saragih bisa dimanfaatkan. Maklum saja, Jan Saragih pada Liga 1 2017 bertindak sebagai asisten pelatih Persija Jakarta dan bekerja sama dengan Teco.

Jan Saragih sendiri kini sedang tak memunyai klub, usai dilepas Badak Lampung FC. Asal mendapat penawaran yang tepat, bukan mustahil ke depannya Jan Saragih akan menerapkan ilmu kepelatihan dari Teco kepada skuat Macan Kemayoran.

Arcan Iurie

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTArcan Iurie

Liga Indonesia 2005, Persija Jakarta mampu melangkahkan kaki hingga partai final. Sayangnya, Persija Jakarta harus puas dengan status runner-up usai kalah 2-3 dari lawannya, Persipura Jayapura.

Kiprah Persija Jakarta kala itu ditemani oleh pelatih asing asal Moldova, Arcan Iurie. Sosok Arcan Iurie mampu menciptakan duet maut di lini depan lewat Batoum Roger dan Adolfo Fatecha.

Kejayaan masa lampau Arcan Iurie tersebut bisa saja terulang kembali. Terlebih jika Julio Banuelos benar didepak, Arcan Iurie bukan mustahil dapat menjadi pengganti yang lebih baik.

IDS Emoticon Suka
Suka
30%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
45%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
10%
IDS Emoticon Marah
Marah
15%