Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 Tira Persikabo vs Persib Bandung: Gol Tangan Tuhan Jilid II

Sabtu, 14 September 2019 20:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga pertandingan Tira-Persikabo vs Persib Bandung pada Liga 1 2019, Sabtu (14/9/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga pertandingan Tira-Persikabo vs Persib Bandung pada Liga 1 2019, Sabtu (14/9/19).

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan kompetisi Shopee Liga 1 2019 pekan ke-18 antara Tira-Persikabo vs Persib Bandung di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (14/9/19), tak berpihak kepada kedua kubu.

Tira-Persikabo gagal mengamankan poin penuh di kandang setelah ditahan imbang Persib Bandung dengan skor 1-1. Masing-masing gol dicetak oleh Osas Saha pada menit ke-15 dan dibalas oleh sundulan Nick Kuipers (45+2').

Jalannya menit awal babak pertama memang terkesan alot, tak ada terobosan dan serangan berarti yang dilakukan kedua tim. Persib Bandung memang mendapat peluang dari tendangan bebas, namun sepakan Kevin van Kippersluis masih membentur pagar betis.

Tak lama berselang, giliran Omid Nazari menciptakan peluang, namun sepakannya masih menyamping dari gawang Angga Saputra. Sementara sundulan dari pemain Tira-Persikabo, Wawan Febrianto, pada menit kedelapan masih bisa diantisipasi kiper I Made Wirawan.

Kemelut terjadi pada menit ke-15, di mana wasit menunjuk titik putih untuk Tira-Persikabo lantaran bek Persib, Achmad Jufriyanto, dianggap melakukan handball. Eksekusi Osas Saha berbuah gol perdana di pertandingan hari ini.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Tertinggal satu gol, Persib masih berupaya menciptakan peluang, termasuk serangan cepat yang kemudian dituntaskan Supardi Nasir saat berhasil menembus kotak penalti lawan. Sayang, bola tepat bergulir ke pelukan kiper Angga Saputra dan skor 1-0 masih bertahan.

Menariknya, hujan kartu terjadi di babak pertama, termasuk ketika Osas Saha melesakkan gol kontroversial dengan tangannya pada menit ke-32, layaknya ‘gol tangan Tuhan’ yang pernah dipopulerkan Diego Maradona.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Sebelumnya kartu kuning juga telah diberikan kepada penggawa Tira-Persikabo, Guntur Triaji. Kemudian dua pilar Persib Bandung berturut-turut juga mendapat kartu kuning dari wasit, yakni I Made Wirawan dan Munadi.

Omid Nazari hampir saja menjebol gawang Tira-Persikabo pada menit ke-32 memanfaatkan tendangan bebas. Namun bola justru membentur sudut tiang gawang dan terlontar ke luar. 

Perjuangan Persib akhirnya membuahkan hasil di penghujung babak pertama. Umpan matang Dedi Kusnandar dengan cermat disundul oleh Nick Kuipers dan menghasilkan gol pada menit ke-45+2.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Memasuki babak kedua, baik Tira-Persikabo maupun Persib Bandung mencoba membongkar pertahanan satu sama lain, namun tak banyak terobosan yang dilakukan kedua tim untuk menambah keunggulan.

Esteban Vizcarra sempat menciptakan peluang dari luar kotak penalti, namun Angga Saputra masih mampu memblok bola dan mempertahankan kedudukan 1-1. Lima menit berselang, giliran Ciro Alves yang mengancam, tapi bola hanya bergulir tipis di samping tiang gawang.

Guna menambah daya gedor tim, pelatih Robert Rene Alberts menarik keluar Ghozali Siregar dan memasukkan Febri Hariyadi (63'). Namun, tak banyak perubahan yang dilakukan Febri, pemain yang baru saja bergabung ke tim usai membela timnas Indonesia tersebut.

Peluang Tira Kabo di menit ke-83 melalui tendangan bebas Loris Arnaud berhasil digagalkan kiper I Made Wirawan.  Selanjutnya, serangan cepat Ciro Alves di menit ke-88 juga masih bisa diantisipasi pemain bertahan Persib.

Hingga menit akhir babak kedua, tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim. Tira-Persikabo harus berbagi poin dengan Persib Bandung, dan gagal beranjak ke peringkat yang lebih tinggi di Liga 1 pekan ini.

Pertandingan sarat gengsi antara Tira-Persikabo vs Persib Bandung juga menyisakan hal buruk untuk sepak bola Tanah Air. Rivalitas kedua suporter, Kabomania dan Bobotoh, berujung bentrok dan saling lempar dari sisi tribun stadion.

Susunan Pemain:

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (GK); Abduh Lestaluhu, Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Guntur Triaji; Wawan Febrianto, Louise Parfait, Munadi; Ciro Alves, Loris Arnaud, Osas Saha

Persib Bandung (4-2-3-1): I Made Wirawan (GK); Ardi Idrus, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Henhen Hendriana; Esteban Vizcarra, Dedi Kusnandar; Ghozali Siregar, Omid Nazari, Supardi Nasir; Kevin van Kippersluis

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%