Liga Spanyol

Membandingkan Awal Karier Ansu Fati dan Lionel Messi di Barcelona, Mana Lebih Ajaib?

Minggu, 15 September 2019 20:05 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty Images
Ansu Fati striker muda Barcelona berusia 16 tahun. Copyright: © Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty Images
Ansu Fati striker muda Barcelona berusia 16 tahun.

INDOSPORT.COM - Mencuri perhatian di LaLiga Spanyol 2019/20, apakah Ansu Fati lebih hebat dari Lionel Messi di awal kariernya bersama Barcelona?

Bocah 16 tahun asal Guinea-Bissau, Ansu Fati, muncul mencuri perhatian saat dirinya dipercaya tampil di tim utama Barcelona 2019/20.

Bukan hanya tampil bermain, di usia yang masih sangat muda itu, Fati berhasil mencetak dua gol hanya dalam tiga pertandingan.

Bahkan jika dihitung menit bermain,  Ansu Fati berhasil mencetak dua gol plus satu assist di LaLiga 2019/20 hanya dalam tempo 116 menit.

Gol pertama yang dicetaknya ke gawang Osasuna di pekan ke-3 LaLiga 2019/20, 13 Agustus, sekaligus membuat ia mencatatakan rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Barcelona. (16 tahun 304 hari).

Rekor yang juga melengkapi statusnya sebagai pemain termuda kedua yang menjalani debut di tim Senior Barcelona dalam usia 16 tahun 298 hari di laga melawan Real Betis, 25 Agustus silam.

Ansu Fati hanya kalah lebih tua 18 hari dari pemegang rekor usia termuda, Vicenc Martinez, yang menjalani debut di Barcelona sekitar 1941.

Lalu pertanyaannya, dengan pencapaian dan rekor itu apakah Ansu Fati lebih hebat dari megabintang Barcelona, Lionel Messi?

Jawabannya adalah ya, Ansu Fati lebih hebat dari Lionel Messi, jika tolok ukurnya adalah catatan di tiga pertandingan awal.

Dari ukuran usia, saat itu Messi menjalani debut LaLiga di Tim Senior Barcelona, setahun lebih tua dari Ansu Fati. Messi menjalani debut melawan Espanyol (pekan ke-7) pada  usia17 tahun dan 22 hari, 16 Oktober 2004.

Tak seperti Ansu Fati, usai menjalani debut, Messi tak langsung mampu mencatatkan tiga pertandingan berturut. Dirinya hanya sekali lagi main setelah melawan Espanyol (pekan ke-8). Sementara pertandingan ketiganya baru di pekan ke-14 melawan Malaga, 4 Desember 2004.

Untuk urusan mencetak gol, Lionel Messi tak sekali pun mampu melakukannya tiga laga awal bersama Barcelona. Dua gol buat Barcelona di LaLiga baru bisa dikemas setelah melewati 13 pertandingan, itu pun pada musim berikutnya di LaLiga 2005/06.

Dengan catatan tersebut, maka besar peluang buat Ansu Fati bisa menjadi penerus Lionel Messi di Barcelona, bahkan lebih hebat. Kuncinya ada pada seberapa mampu dirinya menjaga konsistensi untuk terus berkembang maksimal bersama Barcelona ke depannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%