Bola Internasional

Hazard Ungkap Beda Karakter Fans Chelsea dan Real Madrid, bak Bumi dan Langit?

Selasa, 17 September 2019 11:00 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Angel Martinez/Getty Images
Eden Hazard merasakan sejumlah perbedaan setelah hengkang dari Chelsea ke Real Madrid, termasuk dukungan para suporter. Angel Martinez/Getty Images. Copyright: © Angel Martinez/Getty Images
Eden Hazard merasakan sejumlah perbedaan setelah hengkang dari Chelsea ke Real Madrid, termasuk dukungan para suporter. Angel Martinez/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Eden Hazard punya pendapat tersendiri terkait karakter fans sepak bola Chelsea dan Real Madrid, yang jauh berbeda satu sama lain.

Menurutnya, euforia fans The Blues tidak terlalu tinggi, ketimbang para suporter setia Los Blancos. Hal tersebut beranjak dari karakter para penggemar sepak bola di Inggris yang sebagian besar tidak terlalu fanatik dengan satu klub.

"Saya pikir di sini (Real Madrid) merupakan bentuk fans yang sesungguhnya. Di Inggris, semua memang sangat menyukai sepak bola, mulai dari anak muda, orang dewasa, remaja, tapi mereka tidak terlalu fanatik dengan klub yang didukungnya,

"Saat saya bersama Chelsea, kami sempat gagal sehingga mengecewakan fans, tapi itu tidak menjadi masalah besar," ujar Hazard dilansir laman berita Sky Sports.

"Ketika di Real Madrid, meskipun ini merupakan tahun pertama saya, fans tetap memberi semangat saya untuk menjuarai Liga Champions. Karena itulah tidak heran klub ini memenangkan banyak gelar, tidak seperti klub lainnya," tutupnya.

Pemain Timnas Belgia ini sendiri telah memutuskan berseragam Real Madrid pada 1 Juli 2019 lalu. Hal ini sekaligus menyudahi pengabdiannya bersama Chelsea selama kurang lebih tujuh tahun semenjak direkrut dari LOSC Lille pada tahun 2012.

Selama kurun waktu tujuh tahun itu, tercatat Hazard sudah mempersembahkan berbagai trofi penghargaan bergengsi seperti Liga Inggris (2014/15 dan 2016/17), Piala FA (2017/18), Piala Liga Inggris (2014/15), serta Liga Europa (2012/13 dan 2018/19).

Eden Hazard sendiri tercatat memiliki torehan statistik apik selama berseragam Chelsea. Dirinya berhasil menyumbang 110 gol dan 92 assist selama 352 penampilannya keseluruhan laga The Blues.

Meski telah meningkatkan performa Chelsea, Hazard kemudian memutuskan hengkang ke Real Madrid di bursa transfer musim panas ini. Ia beralasan, Los Blancos merupakan tim yang sudah diimpikannya sejak kecil.