Liga Inggris

Gol Arsenal dan Manchester City di Pekan Keenam Liga Inggris Tercatat Tak Sah

Selasa, 24 September 2019 18:41 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Gol yang dicetak Piere-Emerick Aubameyang (Arsenal) dan Riyad Mahrez (Manchester City) pada pekan keenam Liga Inggris 2019-2020 disebut tidak sah karena menyalahi aturan anyar soal tendangan bebas.

Tendangan bebas yang dilakukan kedua pemain tersebut disebutkan tidak sah karena baik pemain Arsenal dan Man City kedapatan berdiri di depan atau sejajar dengan pagar betis yang diciptakan lawan.

Pasalnya dalam aturan anyar yang diterbitkan International Football Association Board (IFAB) pada pasal 13 ayat 1 yang dilansir dari Mirror menyebutkan bahwa jika ketika terjadi tendangan bebas dan pemain dari tim tersebut berdiri di depan pagar betis kurang dari satu meter, maka tim lawan akan dihadiahi tendangan bebas tidak langsung.

Hal ini nampak pada laga antara Arsenal vs Aston Villa dan Manchester City vs Watford. Namun sayangnya wasit tetap bergeming untuk mengesahkan gol yang dibuat Aubameyang dan Mahrez tanpa melihat VAR (Video Assistant Referee).

Pada gol Arsenal, nampak Calum Chambers dan David Luiz berdiri didekat pagar betis. Hal yang sama juga terjadi saat Mahrez mencetak gol bagi Man City dimana Rodrigo berdiri sejajar dengan pagar betis.

Sebelumnya pihak Liga Inggris telah meluncurkan aturan tersebut jauh sebelum musim 2019-2020 dimulai. Namun penerapannya masih jauh dari arang karena belum disosialisasikan dengan sempurna.

Terlepas dari hal tersebut, baik Arsenal dan Manchester City berhasil meraup poin penuh dari lawan-lawannya. The Gunners berhasil menang 3-2 atas Aston Villa. Hal selaras juga dialami The Citizens yang membantai Watford dengan skor 8-0.