Liga Indonesia

Jika Debut, Wawan Hendrawan Jadi Pemain Ke-4 Tertua Bela Timnas Indonesia

Kamis, 26 September 2019 17:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© baliutd.com
Wawan Hendrawan saat akan melawan PSIS. Copyright: © baliutd.com
Wawan Hendrawan saat akan melawan PSIS.

INDOSPORT.COM - Kiper Bali United Wawan Hendrawan bakal menjadi pemain ke-4 tertua yang pernah bela Timnas Indonesia jika menjalani debut nanti.

Pemanggilan Wawan tertuang dalam surat dari PSSI dengan nomor 3945/AGB/1339/IX-2019. Ini merupakan panggilan pertamanya ke Timnas Indonesia.

Kiper berusia 36 tahun itu sudah tampil 19 kali dan baru kebobolan 12 gol saja. Jumlah ini jauh paling sedikit di antara kontestan lain Liga 1 2019.

Catatan tersebut tampaknya membuat pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memanggil Wawan Hendrawan. Dia bakal bersaing dengan Andritany Ardhiyasa.

Pasalnya Andritany merupakan kiper utama sekaligus kapten Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Bukan tanpa sebab Andritany terpilih.

Wawan Hendrawan bakal menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia. Skuat Garuda disiapkan untuk bersua Uni Emirat Arab (10/09/19) dalam partai tandang.

Tak lama berselang Timnas Indonesia bakal menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (15/09/19) nanti.

Meski begitu, jika Wawan Hendrawan menjalani debut, dirinya bakal menjadi pemain ke-4 tertua yang pernah membela Timnas Indonesia. Lantas siapa saja yang tertua?

1. Endang Witarsa

© INDOSPORT/istimewa
Endang Witarsa. Copyright: INDOSPORT/istimewaEndang Witarsa.

Pemain tertua yang pernah membela Timnas Indonesia dalam penelusuran sejauh ini ialah Endang Witarsa atau biasa disapa Liem Soen Joe.

Hal itu terjadi ketika Endang Witarsa tampil di kompetisi Olimpiade 1956 silam yang berlangsung di Australia. Endang kala itu berusia 40 tahun.

Endang Witarsa kala itu bisa mengantarkan Timnas Indonesia hingga babak perempatfinal. Akan tetapi, Timnas kalah dari Uni Soviet dengan agregat 4-0 (leg pertama imbang, leg kedua kalah).

2. Hendro Kartiko

© Rommy Pujianto/MI
Mantan kiper Persebaya Surabaya Hendro Kartiko. Copyright: Rommy Pujianto/MIMantan kiper Persebaya Surabaya Hendro Kartiko.

Kemudian ada legenda hidup Hendro Kartiko yang sempat membela Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014, tepatnya Grup E zona Asia. Kala itu dia berusia 38 tahun.

Hendro Kartiko tampil pada laga Qatar vs Timnas Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad, Sabtu (12/11/11). Hendro terpaksa kebobolan sebanyak empat gol dalam laga ini.

Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan satupun dari lawan-lawan yang mereka hadapi, yakni Iran, Qatar, dan Bahrain. Hal ini membuat Skuar Garuda berada di juru kunci.

Hendro mengaku kalau momen ini bakal menjadi yang terakhir baginya membela Timnas Indonesia. Hal tersebut bahkan telah dipertimbangkan dengan matang.

3. Cristian Gonzales

© ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Caption Copyright: ANTARA FOTO/Zabur KaruruCristian Gonzales diapit pemain lawan.

Berikutnya ada striker gaek Cristian Gonzales yang telah berusia 38 tahun kala membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2014 silam.

Bahkan Gonzales menjadi pemain tertua yang mengikuti turnamen tersebut. Akan tetapi striker naturalisasi itu tak bisa berbuat banyak.

Pasalnya Timnas Indonesia hanya bisa menang sekali, imbang sekali, dan kalah sekali. Hal tersebut menempatkan Timnas Indonesia di posisi ke-3 Grup A.

Lantas dari ketiga orang tadi, akankah Wawan Hendrawan menjalani debut perdana membela Timnas Indonesia dan menjadi pemain tertua ke-4?

Catatan tambahan, mendiang kiper Choirul Huda yang juga sempat dipanggil untuk membela Timnas Indonesia untuk ajang Kualifikasi Piala Asia 2015 lalu.

Kala itu Choirul Huda berusia 36 tahun. Akan tetapi, legenda Persela Lamongan itu tak diturunkan dan hanya menjadi cadangan sepanjang turnamen yang diikuti Timnas Indonesia dan tak menjalani debut.