Bola Internasional

Wawan Hendrawan dan Para Bintang Inggris yang Telat Debut di Timnas

Kamis, 26 September 2019 18:04 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Miftahuddin Halim/Radar Bali
Kiper Bali United Wawan Hendrawan, resmi dipanggil Timnas Indonesia Copyright: © Miftahuddin Halim/Radar Bali
Kiper Bali United Wawan Hendrawan, resmi dipanggil Timnas Indonesia

INDOSPORT.COMWawan Hendrawan serta para bintang asal Inggris yang sukses jalani debut bersama Timnas meski telah memasuki usia 30 tahun lebih. Siapa sajakah mereka?

Timnas Indonesia sendiri akhirnya memanggil penjaga gawang Bali United, Wawan Hendrawan. Spiderwan, julukannya, dipersiapkan untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab (UEA) serta Vietnam.

Pemanggilan Wawan tertuang dalam surat dari PSSI dengan nomor 3945/AGB/1339/IX-2019. Selain memanggil Wawan, Timnas Indonesia juga memanggil Ricky Fajrin, Stefano Lilipaly serta Irfan Bachdim.

Empat pemain Bali United ini dijadwalkan bergabung pada 1 Oktober 2019 di Jakarta. Pertandingan melawan UEA akan dihelat pada 10 Oktober 2019, serta lawan Vietnam pada 15 Oktober 2019.

Khusus bagi Wawan, pemanggilan ini menjadi yang pertama. Inilah hasil penantian panjang Wawan setelah tampil impresif dalam tiga musim terakhir bersama Bali United.

Pada musim ini, Wawan tampil 19 kali dan baru kebobolan 12 gol saja. Jumlah ini jauh paling sedikit di antaranya kontestan lain Shopee Liga 1 2019.

Andai Wawan Hendrawan meraih caps pertama bersama Timnas Indonesia, maka mantan pemain Mitra Kukar tersebut akan menyamai rekor para bintang asal Inggris berikut yang juga sukses berseragam Timnas di usia 30 tahun keatas.

Lantas siapa sajakah para pemain tersebut, berikut INDOSPORT.COM coba merangkum deretan bintang Inggris yang 'telat' jalani debut bersama Timnas.

1. Kevin Davies
Mantan pemain Bolton tersebut pertama kali mendapat caps bersama Timnas Inggris saat memasuki usia 33 tahun dan 6 bulan, tepatnya pada tahun 12 Oktober tahun 2010 silam.

Pemain berposisi gelandang tersebut dipanggil Fabio Capello saat melakoni kualifikasi Piala Eropa, dan berhasil tampil 20 menit saat membantu Inggris menahan imbang Montenegro dengan skor 0-0.

Sayangnya kiprah Kevin Davies bersama Timnas Inggris tak berjalan mulus, usai pertandingan debutnya saat melawan Montengro, dirinya tidak pernah lagi mendapat panggilan ke skuat The Three Lions.

2. Bill Nicholson
Peraih gelar Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur musim 1950/51 ini mendapat panggilan Timnas saat usianya telah mencapai angka 32 tahun, tepatnya pada usia 32 tahun 3 bulan 23 hari di tahun 1951.

Namun meski telat menjalani caps bersama Timnas, pemain berposisi sebagai gelandang ini mampu tampil gemilang bahkan dalam pertandingan debutnya ia langsung mencetak gol.

Serupa dengan Kevin Davies, walau Bill Nicholson tampil gemilang bahkan mencetak satu gol dalam pertandingan debut di Timnas Inggris, namun hingga ia wafat tahun 2001 silam Bill tak pernah lagi mendapat panggilan Timnas dan tercatat hanya satu caps sepanjang karier sepak bolanya.

3. Jim Taylor
Pemain seangkatan Bill Nicholson ini juga mendapat panggilan Timnas di usia yang cukup uzur, yakni 33 tahun 6 bulan dan 4 hari pada tahun 1951.

Jim Taylor mendapat panggilan saat Timnas Inggris dilatih oleh Walter Winterbottom, pelatih yang juga memanggil Bill Nicholson ke skuat The Three Lions di usia 32 tahun.

Nasib Jim Taylor sendiri sedikit lebih baik dari Bill Nicholson, jika Bill cuma meraih satu caps sepanjang karier sepak bolanya maka Jim Taylor punya dua caps bersama Timnas Inggris.