Liga Indonesia

2 Pemain Berbakat yang Diabaikan karena Kehadiran Andritany di Timnas Indonesia

Jumat, 27 September 2019 16:31 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© www.affsuzukicup.com
Awan Setho melempar bola ke tengah gawang melawan Thailand. Copyright: © www.affsuzukicup.com
Awan Setho melempar bola ke tengah gawang melawan Thailand.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akhirnya memanggil penjaga gawang Bali United, Wawan Hendrawan, untuk dipersiapkan main di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab (UEA) serta Vietnam.

Bagi Wawan Hendrawan, ini merupakan kali pertama kiper Bali United itu dipanggil ke Timnas Indonesia di bawah pelatih Simon McMenemy.

Wawan akan bergabung dengan dua kiper lainnya yakni Andritany dan Muhammad Ridho. Andritany sendiri merupakan muka lama di posisi ini.

Dengan bergabungnya Wawan dan Ridho, itu artinya akan ada dua kiper lain yang tergusur posisinya, yakni Awan Setho dan Angga Saputra. 

Pada dua pertandingan pertama melawan Malaysia dan Thailand, Awan Setho dan Angga Saputra dipanggil menjadi kiper kedua dan ketiga. 

Pemanggilan Wawan Hendrawan memang tak mengejutkan mengingat banyaknya aspirasi yang menginginkan kiper 36 tahun itu berkostum merah-putih.

Yang mengejutkan justru dipertahankannya Andritany. Pasalnya, dalam dua pertandingan melawan Malaysia dan Thailand, kiper Persija Jakarta itu tampil buruk. 

Andritany melakukan sejumlah kesalahan antisipasi yang berakibat fatal bagi tim, terutama saat dikalahkan Malaysia, 3-2.

Dengan dipertahankannya Andritany dan masuknya Muhammad Ridho, maka dua kiper muda Indonesia, Awan Setho dan Angga Saputro, harus terpinggirkan. 

Hal ini cukup disayangkan. Pasalnya, baik Awa maupun Angga memiliki potensi besar sebagai kiper masa depan Indonesia. Awan Setho masih berusia 22 tahun, sementara Angga Saputra 25 tahun. 

Keduanya sama sekali tidak diturunkan untuk menggantikan posisi Andritany pada laga melawan Malaysia dan Thailand. Kemampuan Awan Setho dan Angga Saputra pun akhirnya belum benar-benar teruji. 

Awan Setho adalah kiper pilihan dari klub Bhayangkara FC. Awan sudah sering dipanggil timnas, terutama Timnas U-22. Di sana, Awan Setho pernah membantu Indonesia menjuarai Piala AFF U-22. 

Sementara Angga Saputra mencuri perhatian musim ini ketika bermain di klub PS Tira Persikabo. Angga Saputra sukses mengantar Tira Persikabo ke posisi kedua klasemen sementara. PS Tira dan Angga bahkan pernah mencatatkan rekor tanpa kekalahan beruntun di Liga 1.