Liga Indonesia

Terungkap, Status Terkini Wolfgang Pikal di Persebaya

Jumat, 27 September 2019 17:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Wolfgang Pikal memimpin latihan Persebaya di lapangan Polda Jatim, Senin (16/09/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Wolfgang Pikal memimpin latihan Persebaya di lapangan Polda Jatim, Senin (16/09/19).

INDOSPORT.COM – Setelah kegagalan Persebaya Surabaya mendaratkan pelatih Alfred Riedl, kini terdengar desas-desus jika kursi kepelatihan Bajul Ijo akan diambil alih oleh Wolfgang Pikal dalam kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Sebelumnya di putaran pertama Liga 1, Wolfgang Pikal bersama Bejo Sugiantoro menjabat sebagai asisten pelatih Persebaya Surabaya, sementara posisi pelatih kepala diisi oleh Djajang Nurdjaman alias Djanur.

Namun, kini pelatih asal Majalengka itu memutuskan untuk hijrah ke Barito Putera, klub yang akan menjadi lawan Persebaya Surabaya di laga pekan ke-21, bertempat di Stadion Demang Lehman, Martapura, Sabtu (28/09/19) malam.

Bejo Sugiantoro pun memaparkan posisi terkini Wolfgang Pikal dalam jajaran kepelatihan Persebaya.

“Saya di sini mewakili Coach Wolfgang Pikal, karena banyak yang belum disahkan oleh PT Liga (Indonesia Baru), jadi saya mewakili sebagai asisten,” sebut Bejo Sugiantoro dalam konferensi pers pra pertandingan Barito vs Persebaya.

“Coach Pikal sudah bekerja sebagai head coach sebetulnya, dan di bawah arahan dia, walaupun kita (sebelumnya) sama-sama asisten, di dua pertandingan terakhir, hampir tiga pertandingan, dia selalu mengasih masukan untuk tim,” tambahnya.

Menariknya, dalam tiga pertandingan tersebut, skuat Bajul Ijo selalu berhasil mengemas poin. Bertandang ke markas Kalteng Putra, Persebaya bermain imbang 1-1. Sementara saat bersua PSIS Semarang di Stadion Madya, tim asal Jawa Timur itu menang telak 4-0 atas tuan rumah.

Teranyar, Persebaya Surabaya juga sukses menahan imbang Bali United dengan skor 1-1, sekaligus menggagalkan upaya Serdadu Tridatu mengemas poin penuh untuk mengukuhkan diri di puncak klasemen sementara Liga 1.

Salah satu kunci yang diterapkan tim pelatih adalah pada komposisi dan line up pemain, yang sempat mengalami penyegaran di bursa transfer putaran pertama Liga 1 2019.

Menurut Bejo, komposisi pemain dan line up untuk Persebaya Surabaya juga sejauh ini adalah hasil dari tangan dingin Wolfgang Pikal.

“Dan salah satunya, dari susunan pemain juga dari Coach Wolf Pikal sendiri,” pungkasnya.